Kompas TV olahraga kompas sport

Kinerja Wasit Liga 3 Buruk, Ketum PSSI Ancam Gunakan Jasa Pengadil Asing

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 08:22 WIB
kinerja-wasit-liga-3-buruk-ketum-pssi-ancam-gunakan-jasa-pengadil-asing
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi teguran keras terhadap para wasit yang bertugas di Liga 3. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan amat kecewa dengan kinerja wasit Liga 3 dan bahkan mengancam bakal memakai jasa pengadil asing.

PSSI langsung bertindak cepat dengan melakukan pertemuan virtual bersama wasit-wasit Liga 3 guna melakukan evaluasi kinerja mereka selama babak 16 besar Nasinoal pada Selasa (8/3/2022) kemarin. 

Rapat tersebut dihadiri oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan serta Sekertaris Jenderal Yunus Nusi.

Hal yang paling mendapat sorotan tentu adalah kinerja wasit dalam laga 16 besar Liga 3 antara Persikota Tangerang melawan Farmel FC. 

Wasit yang bertugas, Untung Santoso, asisten wasit pertama Hidayat, serta asisten kedua Yulianto membuat banyak keputusan kontroversial dalam laga tersebut. 

Baca Juga: Prilly Latuconsina Geram Persikota Tangerang Dirugikan Wasit Liga 3

Kericuhan dan aksi Persikota memilih walk out mewarnai laga itu. Laga dihentikan saat Farmel FC unggul 3-0. 

Mochamad Iriawan tidak menyembunyikan kekecewaannya. Pria yang akrab disapa Iwan Bule sampai mengancam akan menggunakan jasa wasit asing jika wasit-wasit Liga 3 tidak memperbaiki kinerjanya. 

"Saya merasa terganggu dengan adanya masalah keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh para wasit yang bertugas. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri,” kata Iwan, dikutip dari situs resmi PSSI. 

Lain itu, Iwan Bule juga meminta para wasit yang tidak bisa berubah, untuk berhenti saja menjadi pengadil lapangan dan mencari pekerjaan lain. 

Baca Juga: Teguran Keras Ketum PSSI kepada Wasit Liga 3: Tidak Bisa Berubah, Tak Usah Jadi Wasit!

Pasalnya, kinerja buruk wasit-wasit juga berdampak pada opini masyarakat terhadap PSSI beserta jajarannya. 

“Coba kalian lihat lagi video rekaman Farmel dan Persikota. Sekali lagi, kalian ditonton oleh ratusan juta pasang mata yang mencintai sepak bola Indonesia," sambung Iriawan.

"Yang baik tingkatkan. Ke depannya jangan ada salah lagi. Apa yang terjadi dengan para wasit-wasit terkait keputusan kontroversial dampaknya bukan ke kalian saja, tapi kami, PSSI. Saya, Waketum, dan Sekjen, serta Exco."

"Kalian para wasit harus punya integritas, memimpin dengan benar dan hati nurani jangan ada keberpihakan atau salah keputusan,” tegasnya.



Sumber : pssi.org


BERITA LAINNYA



Close Ads x