Kompas TV olahraga kompas sport

Saat Warganet Sebut FIFA Munafik karena Hanya Beri Sanksi ke Rusia

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 20:04 WIB
saat-warganet-sebut-fifa-munafik-karena-hanya-beri-sanksi-ke-rusia
Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah kesempatan. FIFA menjatuhkan sanksi ke Rusia karena invasi negara itu ke Ukraina. (Sumber: Daily Mail)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Penggemar sepak bola di dunia maya, menyebut FIFA sebagai organisasi munafik, karena hanya menjatuhi sanksi kepada Rusia.  

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 silam, FIFA dan UEFA selaku federasi tertinggi sepak bola dunia, merilis sanksi resmi kepada Rusia. 

Dalam pernyataan tersebut, FIFA menyatakan "Sepak bola bersatu secara dan secara penuh mendukung solidaritas orang-orang yang tedampak di Ukraina." 

Alhasil, timnas dan seluruh klub-klub Rusia dilarang tampil di kompetisi yang berada di bawah naungan FIFA serta UEFA. 

Baca Juga: Resmi, Timnas dan Klub Sepak Bola Rusia Dilarang Ikut Kompetisi FIFA dan UEFA

Namun, keputusan FIFA tersebut tidak lepas dari kecaman penggemar sepak bola. 

FIFA juga disebut munafik dan menerapkan standar ganda karena tidak menjatuhkan sanksi kepada negara-negara lain yang juga melakukan pelanggaran hukum internasional macam Amerika Serikat, Israel, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, hingga China. 

Salah satu akun Twitter @MAYORofSoxk menyebut sanksi FIFA tersebut dirasa sangat mendiskriminasi para atlet dari Rusia. 

"Saya merasa ini keputusan diskriminatif untuk para atlet Rusia, karna ini bukanlah salah mereka dan mayoritas klub Rusia dimiliki secara privat, bukan pemerintah," tulisnya. 

"Dan ini keputusan munafik dari FIFA untuk mengakui pemerintahan dan sepak bola tidak independen satu sama lain. Mereka [juga harus] mencabut sanksi Zimbabwe dan Kenya." 

Beberapa warganet juga menemukan kemunafikan FIFA lain.

Federasi Sepak bola Dunia itu memilih diam soal kasus ditangkapnya mantan Wakil Direktur Piala Dunia 2022 Qatar,  Abdulah Ibhais. 

Baca Juga: Federasi Sepak Bola Rusia Soal Sanksi dari FIFA: Kami Tidak Setuju, Diskriminatif!

Ibhais ditangkap pada November 2021 silam, lantaran buntut dari penentangan kepada atasan soal protes pekerja migran Piala Dunia 2022 yang sudah tak menerima gaji berbulan-bulan pada 2019. 

Pria kelahiran Yordania membocorkan pesan WhatsApp yang menunjukkan para petinggi panitia Piala Dunia Qatar berupaya menangkal pemogokan kerja yang melibatkan kurang lebih 5.000 pekerja migran. 

 



Sumber : Kompas TV, BBC Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x