Kompas TV olahraga kompas sport

CEO Dorna Sports: Ada Kesalahan Desain Aspal Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 19:44 WIB
ceo-dorna-sports-ada-kesalahan-desain-aspal-sirkuit-mandalika
Para pembalap melakoni tes pramusim MotoGP Mandalika 2022, Jumat (11/2/2022) di Sirkuit Mandalika, Lombok. (Sumber: Tribun Lombok/Reza Eka Adi Nugraha)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

MILAN, KOMPAS.TV - CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengungkapkan, ada kesalahan dalam desain aspal di Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah balapan seri kedua MotoGP musim ini. 

Hal tersebut diungkapkan Ezpeleta kepada Motorsport.com di Milan, Italia dalam sebuah wawancara eksklusif jelang seri perdana MotoGP 2022 di Qatar. 

Ezpeleta mengakui, meski saat menjadi tuan rumah ajang balapan Superbike Sirkuit Mandalika tidak mengalami masalah, namun kekuatan dari motor MotoGP yang lebih besar bisa merusak aspal jika tidak dikerjakan dengan benar. 

“Ini menunjukkan bahwa kekuatan MotoGP juga mampu merusak aspal jika tidak dilakukan dengan benar," kata Ezpeleta. 

"Jelas ada kesalahan dalam desain aspal di beberapa bagian sirkuit, tapi kami mencoba untuk mengatasi situasi tersebut, karena bagian itu akan muncul kembali sebelum balapan pada 20 Maret," sambungnya. 

Ezpeleta yang kemudian melakukan diskusi dengan para pembalap lantas menerima masukan untuk mengaspal ulang di beberapa bagian lintasan di Sirkuit Mandalika. 

"Kami melakukan segalanya dengan kemampuan kami," lanjut Ezpeleta.

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika, Masuki Tahap Pengelupasan Aspal

"Tentu saja, kami tahu bahwa membuat aspal baru beberapa minggu sebelum balapan bukanlah solusi terbaik di dunia, tetapi kami juga mendiskusikannya dengan para pembalap dan memutuskan lebih baik melapisinya kembali daripada membalap dalam kondisi seperti itu."

Ezpeleta pun setuju untuk melakukan pengaspalan ulang di lintasan Sirkuit Mandalika setelah diyakinkan oleh pihak Indonesia, selalu tuan rumah yang akan menyelesaikan masalah ini dengan serius. 

"Kami berbicara dengan otoritas tertinggi di Indonesia, yang meyakinkan kami bahwa itu akan diperlakukan sebagai masalah negara dan mereka akan melakukan segalanya dengan cara terbaik," ucapnya. 

MotoGP musim 2022 akan dibuka di Sirkuit Losail Qatar pada 6 Maret mendatang. 

Dua pekan berselang, balapan MotoGP 2022 akan berlanjut di Indonesia pada 20 Maret. 

Sebelumnya, pihak dari kontraktor dan ITDC telah berkomunikasi untuk melakukan pengaspalan ulang secara maksimal di beberapa bagian di Sirkuit Mandalika. 

Dijadwalkan, pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika akan selesai sepekan sebelum MotoGP 2022 seri Indonesia. 

Baca Juga: Datangkan Alat Berat Untuk Perbaikan Sirkuit Mandalika

 

 



Sumber : Motorsport.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x