Kompas TV olahraga kompas sport

Badai Covid-19 di Liga 1, LIB: 12 Tim Terpapar, 52 Pemain dan 16 Ofisial Isolasi Mandiri

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 17:14 WIB
badai-covid-19-di-liga-1-lib-12-tim-terpapar-52-pemain-dan-16-ofisial-isolasi-mandiri
Ilustrasi virus corona. (Sumber: The Independent/iStock)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Badai Covid-19 menyerang kompetisi sepak bola nasional, Liga 1 2021-22. 

Sejumlah tim telah melaporkan adanya kasus positif dalam satu pekan terakhir. 

Paling anyar, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI resmi menunda laga pekan 22 yang mempertemukan Persipura vs Madura United. 

Duel tersebut rencananya bakal digelar pada Selasa (1/2/2022) sore WIB di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali. 

Direktur Operasional LIB, Sudjarno menyebut ada total 24 orang dari kedua tim yang dinyatakan positif Covid-19. 

Baca Juga: Ada 24 Kasus Positif Covid-19, Duel Persipura vs Madura United Ditunda

Meskipun tidak merinci jumlah kasus dari masing-masing tim, Sudjarno mengungkapkan bahwa Madura United hanya memiliki kurang dari 14 pemain yang siap bertanding. 

Sesuasi dengan regulasi pasal 52 ayat 7, jika sebuah tim hanya memiliki kurang dari 14 pemain karena Covid-19, tim tersebut berhak mengajukan penundaan pertandingan. 

Pada akhirnya, duel Persipura vs Madura United ditunda atas persetujuan kedua belah pihak klub serta PT LIB dan federasi tertinggi, PSSI. 

Sebelum kejadian di atas, sejumlah klub seperti Arema FC, Persib Bandung, hingga Persija Jakarta memang sudah melaporkan ada beberapa pemainnya yang dites positif. 

Baca Juga: Berbeda dengan Liga 1, Apa Alasan IBL Pilih Sebut Nama Pemain yang Positif Covid-19?

Dengan bertambahnya kasus positif dari Madura United, Wakil Ketua Satgas Covid-19 PT LIB, dr. Alfian Nur Asyhar menyebutkan secara rinci ada 12 tim yang telah terpapar virus corona. 

“Untuk total tim yang ada yang terpapar Covid itu kami catat ada 12 tim, tapi dengan antara porsi pemain dan ofisial berbeda-beda dari 12 tim tadi, total ada 68 isolasi terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial,” kata dr Alfan, seperti dilaporkan Tribunnews.

“Kami lakukan (prokes) ketat pertama PCR H-1 pukul 10-11 pagi lalu hasil keluar siang. Ketika hasil keluar dan ada yang positif lalu kemudian masing-masing yang positif di isolasi."

“Keesokan harinya anggota klub yang ada pemainnya positif akan dicek ulang di hari H pertandingan. Kemudian yang PCR negatif akan dilakukan swab antigen untuk melihat apakah ada penularan atau tidak."

"Bagi yang hasilnya negatif, merekalah yang ikut pertandingan, jadi seleksinya benar-benar kami lakukan beberapa tahap,” pungkasnya.

Baca Juga: Liga 1 Dihantui Covid-19, Pengamat Minta Evaluasi Hingga Penghentian Kompetisi


 




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x