Kompas TV olahraga kompas sport

Vietnam Banyak Dirugikan Wasit, Park Hang-seo: Tahun Depan Piala AFF Harus Pakai VAR

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 00:30 WIB
vietnam-banyak-dirugikan-wasit-park-hang-seo-tahun-depan-piala-aff-harus-pakai-var
Park Hang-seo berharap video assistant referee (VAR) bisa digunakan di Piala AFF selanjutnya setelah Vietnam banyak dirugikan oleh keputusan wasit saat menghadapi Thailand di babak semifinal Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Pelatih Vietnam Park Hang-seo berharap video assistant referee (VAR) bisa digunakan di penyelenggaraan Piala AFF selanjutnya untuk membantu keputusan wasit.

Saat Vietnam dikalahkan Thailand 0-2 di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Kamis (23/12/2021), banyak keputusan wasit yang dianggap merugikan Vietnam. 

Pada laga yang digelar di National Stadium, Singapura itu, kapten Thailand Chanatip Songkrasin menjadi bintang lapangan dengan dua gol yang dicetaknya di babak pertama. 

Meski Vietnam terus melakukan serangan untuk menjebol gawang Thailand, hingga peluit panjang dibunyikan tak ada gol yang mampu diciptakan oleh The Golden Star. 

Laga tadi berjalan dengan tempo yang sangat cepat dalam 90 menit dan juga berjalan cukup keras. 

Bahkan wasit asal Qatar Saoud Ali Al-Adba harus mengeluarkan 7 kartu kuning dengan rincian 4 kartu kuning untuk Thailand dan 3 kartu kuning untuk Vietnam. 

Kepemimpinan wasit Al-Adba itu kemudian mendapat kritikan dari media Vietnam VnExpress

VnExpress menyebut keputusan wasit banyak yang merugikan Vietnam diantaranya hanya memberi kartu kuning kepada kiper Thailand Van Toan di luar kotak penalti.

Baca Juga: Babak Pertama Semifinal Piala AFF 2020: Chanatip Songkrasin Bawa Thailand Unggul 0-2 atas Vietnam

Selain itu wasit juga memberikan penalti saat Duy Manh setelah bertabrakan dengan Supachai Chaided dan menolak memberikan penalti kepada tim asuhan Park Hang-seo di masa injury time meskipun pemain Thailand melakukan handsball di area penalti.

Meski Vietnam banyak dirugikan oleh keputusan wasit, Park Hang-seo tak mau berkomentar terlalu banyak terkait kinerja sang pengadil lapangan. 

Park hanya berharap pada penyelenggaraan Piala AFF selanjutnya, teknologi video assistant referee (VAR) bisa digunakan untuk mengurangi keputusan yang merugikan salah satu tim. 

"Saya tidak ingin berbicara tentang masalah wasit. Saya hanya berharap dia, jika dia memiliki kesempatan, harus meninjau video pertandingan itu," kata Park dalam konferensi pers pasca pertandingan.

“Sangat sulit bagi saya untuk mengomentari keputusan wasit. Saya hanya menyarankan kepada penyelenggara bahwa saat ini, teknologi VAR sudah banyak digunakan," lanjutnya.

"Kita juga harus menerapkannya untuk mempertimbangkan situasi yang bisa menimbulkan masalah dan kontroversi."

"Semoga turnamen berikutnya (VAR) bisa berada di sana untuk membantu wasit dalam membuat keputusan yang benar," harapnya.

Baca Juga: Hasil Semifinal Piala AFF 2020: Bungkam Vietnam 0-2, Satu Kaki Thailand Pijak Partai Final

 




Sumber : VnExpress


BERITA LAINNYA



Close Ads x