Kompas TV olahraga kompas sport

Sergio Aguero Umumkan Pensiun pada Usia 33 Tahun, Kesehatan Jantung jadi Alasan

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 19:16 WIB
sergio-aguero-umumkan-pensiun-pada-usia-33-tahun-kesehatan-jantung-jadi-alasan
Ilustrasi. Sergio Aguero mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada Rabu (15/12/2021). (Sumber: Instagram@mancity)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BARCELONA, KOMPAS.TV - Sergio “Kun” Aguero resmi mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola pada Minggu (15/12/2021). Striker Barcelona ini menyampaikan keputusannya secara emosional dalam konferensi pers.

Aguero pensiun pada usia 33 tahun. Sepanjang kariernya, ia telah membela empat klub sebagai pesepakbola profesional, yakni Independiente, Atletico Madrid, Manchester City, dan Barcelona.

Eks striker Manchester City ini belakangan didiagnosis menderita cardiac arrhythmia, gangguan irama jantung. Aguero tidak bisa bermain sejak merasakan gejala aritmia dalam partai Barcelona vs Alaves pada Oktober lalu.

Sebelumnya, Aguero mengaku optimistis terhadap perawatan yang akan dijalani. Kondisi medis sang pemain sendiri dievaluasi tiga bulan bekangan.

Baca Juga: Kondisi Kesehatan Tak Kunjung Membaik, Sergio Aguero Umumkan Pensiun Rabu Ini?

Akan tetapi, Aguero terpaksa memutuskan untuk mengakhir karier sebagai pemain. Ia menyampaikan keputusan tersebut di Camp Nou.

“Ini adalah momen yang sanagt sulit, tetapi saya senang dengan keputusan yang telah saya ambil. Kesehatan tetap yang utama. Saya mengambil keputusan ini sekitar seminggu lalu. Saya melakukan apa pun untuk menjaga harapan (kembali bermain) tetap hidup, tetapi tidak banyak yang bisa diharapkan,” kata Aguero dikutip The Athletic.

“Saya sangat bangga dengan karier saya, sangat bahagia. Saya selalu bermimpi menjadi pemain sepakbola. Terima kasih kepada setiap orang yang telah membantu saya, di Atletico, di City. Saya benar-benar beruntung karena diperlakukan dengan sangat baik. Dan orang-orang di Barca benar-benar luar biasa bersama saya,” imbuh sang striker.

Sergio Aguero mengawali karier profesional di Independiente. Ia kemudian mengenalkan diri di sepakbola papan atas Eropa bersama Atletico Madrid.

Aguero pindah ke Manchester City pada 2011, memenangkan lima titel Premier League dan menjadi top skor sepanjang masa klub.

Pada awal 2021/22, Aguero pindah ke Barcelona dengan status bebas transfer.

Sejumlah tokoh sepakbola menghadiri pengumuman pensiun Aguero di Camp Nou, Rabu (15/12). Pep Guardiola, kolega dari Timnas Argentina, serta rekan setimnya di Barcelona menghadiri pengumuman tersebut.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Aguero kepada Penggemar usai Harus Absen 3 Bulan Membela Barcelona


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x