Kompas TV olahraga kompas sport

Paru-Paru Bermasalah karena Covid-19, Joshua Kimmich Absen hingga Pergantian Tahun

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 00:13 WIB
paru-paru-bermasalah-karena-covid-19-joshua-kimmich-absen-hingga-pergantian-tahun
Joshua Kimmich akan absen hingga bulan depan atau Januari 2022 akibat masalah di paru-parunya usai terinfeksi Covid-19. (Sumber: Bayern Munich)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain Bayern Munich, Joshua Kimmich, akan absen membela klubnya hingga bulan depan atau pada Januari 2022 akibat masalah di paru-parunya usai terinfeksi Covid-19.

Bulan lalu, Kimmich dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi. Selama kurang lebih dua minggu menjalani masa isolasi, Rabu (8/12/2021) kemarin Kimmich telah diperbolehkan keluar dari ruang isolasi.

Akan tetapi, Kimmich belum bisa lagi bermain untuk Bayern Munich dalam waktu dekat. Ia harus lebih bersabar karena virus Covid-19 ternyata memberikannya efek yang cukup parah pada paru-parunya.

Alhasil, pemain Timnas Jerman itu harus beristirahat lebih lama lagi dan baru bisa kembali bermain setidaknya bulan depan atau Januari 2022.

“Saya senang isolasi diri saya yang disebabkan oleh virus corona telah berakhir,” kata Kimmich di laman resmi Bayern Munich.

“Saya melakukannya dengan sangat baik, tetapi saya belum bisa berlatih sepenuhnya karena infiltrasi ringan di paru-paru saya."

"Karena itu, saya akan melakukan beberapa pelatihan rehabilitatif dan tidak sabar untuk kembali beraksi sepenuhnya pada Januari," pungkasnya.

Baca Juga: Joshua Kimmich Resmi Perpanjang Kontrak dengan Bayern Munchen

Kimmich sendiri merupakan salah satu pemain di Jerman yang menolak mendapatkan suntikan vaksin karena menganggap akan memberikan efek buruk dalam jangka panjang.

Lalu pada bulan Oktober, ia harus melewatkan pertandingan bersama Bayern Munich setelah diketahui melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19 sebelum akhirnya dinyatakan positif pada November lalu.

Penolakan vaksinasi Covid-19 dari Kimmich sempat dikritik oleh pakar kesehatan masyarakat dan beberapa politikus di Jerman.

Salah satunya adalah Horst Seehofer, seorang tokoh senior dalam pemerintahan Angela Merkel yang saat ini posisinya sebagai kanselir Jerman digantikan Olaf Scholz.

Seehofer secara terbuka mengirimkan pesan langsung kepada Kimmich agar bersedia di vaksin untuk memberikan teladan kepada masyarakat.

“Pikirkan lagi dan dapatkan vaksinasi. Anda adalah kepribadian dengan karakter teladan. Dan jika Anda divaksinasi, orang lain akan berkata, 'Kalau begitu saya juga akan melakukannya'," ucapnya.

Baca Juga: Liga Jerman: 90 Persen Pemain, Pelatih dan Staf Sudah Divaksinasi Virus Corona

 



Sumber : Kompas TV/The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x