Kompas TV olahraga kompas sport

Emas Pertama Peparnas Papua 2021 Diraih Atlet Tuan Rumah

Kompas.tv - 6 November 2021, 12:23 WIB
emas-pertama-peparnas-papua-2021-diraih-atlet-tuan-rumah
Pelari Abraham Elopere dari Papua finis pertama nomor 1500 meter putra T20 cabang atletik di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021) (ANTARA/Zuhdiar Laeis) (Sumber: Kompas.tv/Ant/Zuhdiar Laeis)
Penulis : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV— Siapa peraih emas pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua? Jawabannya adalah Abraham Elopere yang notabene merupakan atlet tuan rumah.

Abraham berhasil mempersembahkan medali pertama bagi kontingen Papua setelah menjadi yang tercepat pada cabang olahraga para-atletik yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu pagi (6/11/2021).

Meraih catatan waktu 4 menit 22,63 detik, Abraham memenangi nomor 1500 meter putra T20 cabang para-atletik.

Baca Juga: Dikarantina, Jokowi Minta Maaf Tak Bisa Buka Peparnas XVI, Janji Hadir saat Penutupan

Catatan waktunya tak bisa dilampaui pesaing terdekat seperti Nasrodin (Jawa Tengah) yang harus puas berada di urutan kedua dengan meraih perak lewat catatan waktu 4 menit 24,52 detik, sedangkan juara ketiga atau perunggu diraih Leksi Kase dari Nusa Tenggara Timur dengan waktu 4 menit, 24,52 detik.

Melansir Antara, nomor 1500 meter putra T20 diikuti oleh 19 atlet, tetapi hanya 14 atlet yang mampu menyelesaikan perlombaan hingga garis finis.

Tercatat ada 11 provinsi yang mengirimkan atlet di nomor tersebut, yakni Papua (3 atlet), Jawa Tengah (1 atlet), Nusa Tenggara Timur (3 atlet), Gorontalo (2 atlet).

Kalimantan Selatan (2 atlet), Riau, (2 atlet), Kalimantan Utara (2 atlet), kemudian Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah masing-masing satu atlet.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dijadwalkan Hadir Dalam Pembukaan Peparnas XVI di Papua Malam Ini

Adapun Peparnas Papua diikuti oleh 1.985 atlet penyandang disabilitas dari 34 provinsi yang akan berupaya mencetak sejarah sebagai yang terbaik.

Mereka akan berlomba untuk menyumbangkan keping medali bagi kontingen masing-masing
pada Peparnas ke-16 yang digelar pada 6-13 November.

Para atlet akan berlaga pada 12 cabang olahraga, terdiri atas angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Baca Juga: Tidak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 setelah PON Papua Berakhir, Airlangga: Bisa jadi Referensi

Mewakili Presiden Joko Widodo, Peparnas dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jumat malam (5/11). Rencananya, Jokowi baru akan ke Papua untuk menutup even tersebut.

"Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa, ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang. Peparnas bukan hanya ajang olahraga, tetapi ini adalah ajang pembuktian semangat kesetaraan sesama anak bangsa," ujar Wapres dalam sambutannya.
 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x