Kompas TV olahraga kompas sport

Cerita River Plate Menangi Copa Libertadores, Memainkan Kiper Dadakan dan Tanpa Pemain Pengganti

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 14:13 WIB
cerita-river-plate-menangi-copa-libertadores-memainkan-kiper-dadakan-dan-tanpa-pemain-pengganti
Kiper River Plate Enzo Perez dan rekan-rekan setimnya merayakan kemenangan atas Independiente Santa Fe pada laga lanjutan Grup D Copa Libertadores, Kamis (20/5/2021) pagi WIB. (Sumber: AFP/JUAN IGNACIO RONCORONI via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV- Sungguh-sungguh terjadi di dunia sepak bola dialami River Plate, klub profesional dari Argentina. River Plate baru saja membuat keajaiban saat bertanding melawan Independiente Santa Fe pada laga lanjutan Grup D Copa Libertadores, Kamis (20/5/2021) pagi WIB.

Bagaimana tidak, klub raksasa Argentina itu menang dengan kondisi krisis tanpa kiper dan pemain pengganti. Pasalnya, lebih dari 20 pemain Los Millonarios, julukan River Plate, harus menepi lantaran positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Virus corona turut menjangkit empat penjaga gawang yang telah terdaftar dalam skuad mereka. River Plate sejatinya telah mengajukan permohonan kepada CONMEBOL (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan) agar mereka bisa memanggil dua kiper dari tim muda.

Baca Juga: Kalahkan Santos, Palmeiras Rengkuh Gelar Juara Copa Libertadores 2020

Namun, media-media Argentina melaporkan bahwa CONMEBOL telah menolak permintaan tersebut. Hal itu kemudian diperkuat dengan pernyataan jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano.

Benar saja, River Plate bermain tanpa kiper kala bertanding dengan Santa Fe di Estadio Monumental Antonio V. Liberti. Kondisi ini pun membuat mereka hanya menyisakan 10 personel fit non kiper yang tersisa untuk bermain.

Hal ini seperti yang disampaikannya melalui akun Twitter miliknya @FabrizioRomano:

Adapun pelatih River Plate, Marcelo Gallardo, lalu terpaksa memutuskan Enzo Perez yang notabene seorang gelandang untuk menjadi kiper dadakan.

Enzo Perez sebetulnya tak  masuk dalam 10 personel fit Los Millonarios karena sempat dinyatakan akan absen akibat cedera otot. Namun, eks Valencia itu dinilai oleh klub bisa turun sebagai kiper di momen yang langka ini.

Kendati main tanpa kiper tulen dan tak ada pemain pengganti, River Plate tetap mampu tampil trengginas.

Baca Juga: Hasil Valencia Vs Barcelona: Lionel Messi Cetak Dua Gol, Blaugrana Menang 3-2

Hasilnya, dua gol cepat mampu dicetak River Plate lewat Fabrizio Angileri dan Julian Alvarez ketika laga baru berusia enam menit. Akan tetapi, krisis pemain tetap berpengaruh karena River Plate setelahnya digempur oleh Sante Fe.

Sebanyak 22 upaya ke arah gawang dan lima yang tepat sasaran berhasil dibuat sang lawan. Satu peluang pun menjadi gol sehingga Sante Fe memperkecil keadaan.

Beruntung bagi River Plate, Enzo Perez yang jadi kiper dadakan mampu menghalau peluang berbahaya lainnya.

Pasukan Marcelo Gallardo pun menang 2-1 atas Sante Fe usai wasit meniup peluit panjang.

Baca Juga: Psikolog dan Dua Perawat Turut Diselidiki Terkait Kematian Maradona

Dalam akun Twitter resminya, River Plate sempat menggunggah postingan saat Enzo Perez tampil gemilang sebagai kiper dadakan. Enzo Perez yang tampil cemerlang pun kemudian dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam laga ini.

Seperti juga diberitakan Kompas.com, hasil ini pun membuat River Plate kian kokoh di Grup D Copa Libertadores dengan sembilan poin dari lima pertandingan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x