Kompas TV nasional sapa indonesia

Internet Gratis Sepuasnya Untuk Para Siswa di Pondok Belajar Lentera Ceria

Kompas.tv - 23 Juli 2020, 19:01 WIB

MALANG, KOMPAS.TV - Prihatin dengan anak-anak yang terhambat pembelajaran jarak jauh, sejumlah pemuda di Kecamatan Junrejo, Batu, Malang, Jawa Timur, mendirikan pondok belajar daring. Pondok belajar bernama Lentera Ceria ini mempersilakan anak-anak menggunakan internet gratis sepuasnya, untuk belajar.

Pondok belajar daring Lentera Ceria, begitulah warga memberi nama tempat belajar bersama, di Kecamatan Junrejo, Batu, Malang ini. Di bangunan sederhana ini, anak-anak usia sekolah mengikuti pembelajaran jarak jauh, sekaligus mengerjakan tugas.

Sebelum memasuki pondok, anak-anak wajib mencuci tangan dan menggunakan masker. begitu juga dengan para pendamping. Selain jaringan internet yang baik, pondok belajar juga menyediakan laptop dan gawai yang bisa digunakan anak-anak untuk belajar daring, dan mengerjakan tugas.

Pondok Belajar Daring Lentera Ceria ini adalah inisiatif para pemuda desa. mereka prihatin melihat beberapa orang tua dan anak, yang mengalami kesulitan beradaptasi dalam pembelajaran daring.

Anak-anak senang belajar di pondok ini. meski tetap harus berjarak satu sama lain, anak-anak bersemangat karena tidak harus belajar sendiri di rumah. Karena keterbatasan tempat, pembelajaran daring di pondok ini dilakukan secara bergantian. Rombongan belajar paling pagi, untuk siswa SD kelas 1 hingga 3, lalu kelas 4 hingga 6. lebih siang, menjadi giliran kelompok belajar SMP dan SMA.

Tenaga pendamping dan pengajar berasal dari pemuda desa dan sejumlah mahasiswa dari kota batu dan malang.

Baca Juga: Kendala Belajar Online di Tengah Pandemi Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x