Kompas TV nasional politik

Pemerintah Bentuk Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19, Ini Alasannya Kata Airlangga

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 15:44 WIB
pemerintah-bentuk-tim-pemulihan-ekonomi-dan-penanganan-covid-19-ini-alasannya-kata-airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan kepada awak media di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGA)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan alasan pembentukan tim pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19.

Baca Juga: Jokowi: Kalau Dulu Kita Lockdown, Ekonomi Indonesia Akan Minus 17 Persen...

Dua gugus tugas itu diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dapat mempercepat pemulihan ekonomi tanpa proses birokrasi yang berkepanjangan.
  
"Pak Presiden memberi penugasan agar tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan COVID dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan. Dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal," ujar Airlangga, dalam konferensi pers, usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (20/7/2020).

Airlangga mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya, tim pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 itu akan berkoordinasi dengan sejumlah menteri, yakni Menko Perekonomian (Airlangga), Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan Menkopolhukam Mahfud MD. 

Selain itu, ada pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19. 

Tim pemulihan ekonomi dibentuk untuk membantu memulihkan ekonomi Indonesia di tengah pandemi corona. 

Tim pemulihan ekonomi dan Penanganan Covid-19 itu akan membawahi dua gugus tugas, yaitu Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Airlangga menjelaskan hal itu dalam konferensi pers, usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (20/7/2020). 

Baca Juga: Jokowi Bentuk Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19, Ketuanya Erick Thohir

"Di dalam PP, Presiden memberi tugas kepada komite kebijakan, dibuat satu tim untuk mengendalikan terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," ujar Airlangga.

Dalam konferensi pers itu, selain Airlangga, hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. 

Sebab itu, Jokowi juga menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19.

Dengan demikian, Erick akan membawahi Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk selaku Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi.
 
"Pelaksana tugasnya, diberi tugas kepada Menteri BUMN Pak Erick sebagai yang koordinasikan, Ketua Satgas Perekonomian, Ketua Satgas Covid-19 tetap Pak Doni, dan Satgas Perekonomian Pak Wamen Budi Gunadi Sadikin," kata Airlangga, menegaskan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x