Kompas TV nasional berita utama

Dexamethasone Obat Corona Mulai Diburu, BPOM: Jangan Asal Minum, Itu Obat Keras

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 10:20 WIB
dexamethasone-obat-corona-mulai-diburu-bpom-jangan-asal-minum-itu-obat-keras
Ilustrasi obat corona (Sumber: Pixabay)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Pemberitaan media yang masif soal obat corona Dexamethasone membuat nama obat ini melejit bak menjadi solusi "gampang" terhindar dari virus corona.

BPOM segera angkat bicara, dan menekankan untuk tidak melakukan panic buying dengan obat ini, karena Dexamethasone adalah obat keras.

"Dexamethasone adalah obat keras yang harus diberikan dalam pengawasan dokter dan penggunaannya dibawah pengawasan dokter, jadi jangan asal minum," seru dokter Riska, Direktur Registrasi Obat BPOM RI saat dihubungi KompasTV, Jumat (19/6/2020).

Selain kini digunakan sebagai obat untuk pasien corona, dokter Riska juga bicara terkait penggunaan Dexamethasone di Indonesia dalam menanggulangi pasien corona.

"Kita menyambut baik hasil penelitian di UK yang menunjukkan bahwa Dexamethasone dapat menurunkan angka kematian dan angka lama dirawat di RS pada pasien covid 19 dengan derajat berat yang menggunakan ventilator. Dexamethasone ini golongan steroid. Di Indonesia penatalaksanaan covid-19 derajat berat juga menggunakan steroid yaitu Hidrokortison," lanjut dokter Riska.

Untuk pedagang yang menaikan harga obat diluar harga pasar, waspada karena BPOM akan segera bertindak.

"BPOM melakukan pengawasan peredaran obat-obat tersebut ya, jadi masyarakat dan pedagang juga tidak perlu panik," tegas dokter Riska.

Seperti yang sudah terjadi di awal pandemi corona, harga masker hingga hand sanitizer meroket tak karuan. Satu dus masker medis isi 40 pcs sempat menyentuh angka Rp 300 ribu, padahal sebelum wabah melanda harga masker tersebut hanya Rp 20 ribu - 30 ribu per dus.

Bicara dari pengalaman, masyarakat diduga bakal segera memborong obat tersebut. Terpantau di sejumlah marketplace, obat Dexamethasone sejak berita ini dipublish, masih di angka Rp 30.000 - 40.000 per strip (isi 10).

Seperti diketahui, mengutip BBC, 5.000 pasien positif virus corona di Inggris berhasil sembuh setelah mengonsumsi obat Dexamethasone. Obat ini dinyatakan teruji tim peneliti Oxford University, Inggris dalam mengurangi risiko kematian pasien Covid-19 yang memiliki gejala parah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x