Kompas TV nasional berita kompas tv

Ki Gendeng Pamungkas, Paranormal yang Klaim Santet Bush Meninggal

Kompas.tv - 6 Juni 2020, 20:02 WIB
ki-gendeng-pamungkas-paranormal-yang-klaim-santet-bush-meninggal
Paranormal Isan Massardi atau yang dikenal dengan Ki Gendeng Pamungkas meninggal dunia. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Kabar duka datang dari paranormal, Isan Massardi atau yang dikenal dengan Ki Gendeng Pamungkas meninggal dunia, Sabtu (6/6/2020).

Ki Gendeng Pamungkas meninggal di RS Mulia pada pukul 15:15 WIB. Rencananya jenazah akan di bawa ke rumah duka di Sawangan, Bogor, Jawa Barat.

Kabar Ki Gendeng Pamungkas meninggal dibenarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkot Bogor, Atep Budiman.

Baca Juga: Polisi Tangkap Paranormal Palsu Pengganda Uang

Atep menjelaskan kabar tersebut diketahui dari putri Ki Gendeng Pamungkas. Putri dari almarhum Ki Gendeng Pamungkas merupakan keluarga besar Disparbud.

Disparbud Pemkot Bogor turut bela sungkawa yang mendalam kepada keluarga, mendoakan almarhum husnul khotimah serta mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME.

"Beliau (Ki Gendeng Pamungkas) ayahanda dari salah seorang keluarga besar Disparbud, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keihlasan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/6/2020). Dikutip dari TribunBogor.

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas terkenal di era orde baru ini memiliki spesialisasi ilmu santet. Ia juga pernah berurusan dengan kepolisian karena mengunggah video bernada SARA.

Baca Juga: Ditangkap karena Video Rasis, Siapa Ki Gendeng Pamungkas?

Pada 2006, Ki Gendeng Pamungkas pernah menyatakan akan menyantet Presiden Amerika Serikat ke-34 George Walker Bush saat datang ke Indonesia.

Kala itu kedatangan Bush mendapat penolakan dari masyarakat Indonesia. Namun Bush tetap melakukan kunjungan kenegaraan dan diterima Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, pada 11 November 2006. 

Hujan deras disertai petir dan angin kencang menyambut kedatangan Bush beserta rombongan di Istana Bogor. 

Bush datang bersama Ibu Negara, Laura Bush, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice, dan Duta Besar Amerika Serikat Lynn B Pascoe.

Baca Juga: Bertemu di Upacara Pemakaman Bush, Trump Enggan Salaman dengan Hillary

Bush menumpang helikopter dari Halim menuju Bogor. Adapun agenda lawatan Bush ke Indonesia yakni membahas soal penanaman modal, perdagangan, pendidikan, kesehatan, sistem peringatan dini tsunami dan teknologi informasi.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x