Kompas TV nasional berita kompas tv

Masjid Baiturrahim di Istana Gelar Shalat Jumat Berjamaah

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 11:21 WIB
masjid-baiturrahim-di-istana-gelar-shalat-jumat-berjamaah
Persiapan Shalat Jumat di Masjid Baiturrahim di komplek Istana Negara (Sumber: dok. Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Ibadah shalat Jumat kembali digelar di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dibukanya kegiatan shalat Jumat disampaikan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Sekretariat Negara Andri Kurniawan melalui pengumuman yang dirilis, Jumat (5/6/2020).

Shalat Jumat berjamaah di lingkungan Istana Kepresidenan ini dilakukan di lima tempat untuk mengurangi penumpukan jemaah dan mengikuti protokol kesehtan. Seperti pengukuran suhu tubuh, menjaga jarak, membawa sajadah masing-masing serta memakai masker.

Baca Juga: Tempat Ibadah Dibuka, Shalat Jumat Terapkan Protokol Kesehatan

Kemudian melakukan wudhu dari tempat masing-masing, membawa kantong atau tas untuk menyimpan alas kaki masing-masing, serta tidak bersalam-salaman.

"Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa bagi pejabat/pegawai yang sedang bertugas/berdinas di lingkungan Kesekretariatan Lembaga Kepresidenan akan diselenggarakan ibadah Salat Jumat secara berjemaah pada hari Jumat, tanggal 5 Juni 2020, pukul 11.55 WIB sd selesai," tulis Andri, dikutip dari Kompas.com. 

Sebelum pandemi Covid-19 berlangsung, shalat Jumat hanya dilakukan di tiga tempat, yakni Masjid Baiturrahim samping Istana Merdeka, Masjid Baiturrahman di samping Kantor Wapres, dan Gedung Krida Bhakti.

Kini, shalat Jumat juga digelar di Lobi Gedung 1 Kemensetneg dan Aula Serba Guna Gedung 3 Kemensetneg.

Baca Juga: Rencana Penerapan Tatanan New Normal di Istana Kepresidenan

Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menyebut Presiden Jokowi juga akan menunaikan shalat Jumat siang ini di Masjid Baiturrahim.

Pada Kamis kemarin, Jokowi juga sempat mengecek kesiapan Masjid Baiturrahim dalam menyambut new normal.

Sebelumnya, pelaksanaan shalat Jumat di Istana sempat ditiadakan karena mengikuti ketentuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta dan Fatwa MUI.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Kesiapan Masjid di Kompleks Istana

Kegiatan shalat Jumat dilakukan kembali setelah PSBB DKI Jakarta memasuki masa transisi dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.