Kompas TV nasional sapa indonesia

Aksi Unjuk Rasa Kecam Kematian George Floyd Meluas, Jubir Kemenlu: Tak Ada WNI yang Jadi Korban

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 23:40 WIB

KOMPAS.TV - Ribuan demonstran, yang berunjuk rasa memprotes kematian George Floyd di jalan-jalan kota New York, dibubarkan paksa oleh polisi.

Aparat menangkap sejumlah orang karena melanggar aturan jam malam yang diterapkan pemerintah kota.

Polisi Seattle membubarkan warga yang berkumpul dengan tembakan gas air mata dan granat kejut.

Di kota ini polisi juga memberlakukan jam malam mulai pukul 23.00.,

Unjuk rasa juga berlanjut di Washington DC. Warga berkumpul di Taman Lafayette,  yang berada tak jauh dari gedung putih.

Mereka meminta polisi menyudahi aksi kekerasan kepada warga kulit hitam. Mereka juga mengecam aksi penjarahan yang dilakukan selama unjuk rasa menuntut keadilan terhadap George Floyd.

Menanggapi aksi unjuk rasa yang berujung pada kerusuhan, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump selasa waktu setempat, langsung memerintahkan ribuan tentara bersenjata lengkap, untuk mengamankan demo anti-rasisme.

Di Minneapolis, Ibu dari putri mendiang George Floyd muncul ke publik dan menuntut keadilan atas kematian George Floyd.
unjuk rasa anti-rasisme juga terjadi di paris, prancis.  Selain mengecam keras kematian  george floyd, mereka juga memprotes kematian adama traore, warga kulit hitam prancis, yang meninggal saatr berada di tahanan polisi.

Polisi melarang aksi unjuk rasa di tengah pandemi corona. Aparat melepaskan gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Aksi unjuk rasa memprotes rasisme di Amerika Serikat bisa menjadi pelajaran bagi banyak negara, agar adil memperhatikan hak-hak semua warganya, apa pun latar belakangnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x