Kompas TV nasional berita kompas tv

Surat Bebas Corona Sempat Dijual di Shopee

Kompas.tv - 15 Mei 2020, 19:44 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Polres Jembrana Bali meringkus komplotan pembuat surat kesehatan palsu.

Surat kesehatan palsu tersebut digunakan pelaku untuk meloloskan warga yang akan menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Dua kelompok pembuat surat keterengan kesehatan palsu yang ditangkap oleh polisi ini sehari hari bekerja sebagai supir travel dan sopir ojek.

Para tersangka membuat surat keterangan sehat palsu dengan mengedit blanko surat miliki puskesmas atau rumah sakit yang sudah tidak terpakai.

surat ini kemudian mereka jual dengan kisaran harga 100.000 – 300.000 rupiah.

Surat keterangan bebas Covid-19 dengan kop bermacam rumah sakit dan institusi kesehatan juga diperjual belikan di situs mall online.

Harganya pun bervariasi, mulai dari 39.000 – 70.000 rupiah, lengkap dengan stempel, dan tanda tangan dokter.

Salah satu institusi yang namanya dicatut dalam surat bebas Covid-19 palsu itu adalah Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Lewat akun resmi Instagramnya, Rumah Sakit Mitra Keluarga menegaskan tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjual-belikan surat keterangan bebas Covid-19 maupun surat keterangan apapun.

Rumah Sakit Mitra Keluarga juga meminta agar pihak yang menyalahgunakan kop surat atau mengatasnamakan mitra keluarga untuk segera mencabut dan atau menghentikan perbuatan tersebut sesegera mungkin.

Mitra Keluarga juga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang melakukannya,

Melalui sambungan telepon di program Kompas Siang, Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead Shopee, tempat surat bebas Covid-19 diduga sempat diperjualbelikan, menjelaskan jika saat ini pihak Shopee telah menutup akun-akun yang memperjualbelikan surat keterangan sehat corona.

"Betul tapi itu sifatnya hanya sebentar. Itu penjualannya masih nol dan langsung kami turunkan toko tersebut," kata Aditya Maulana.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.