Kompas TV nasional berita kompas tv

Viral Jual Beli Surat Sehat Bebas Corona Palsu Secara Online

Kompas.tv - 15 Mei 2020, 18:42 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Kepolisian akan menyelidiki beredarnya surat keterangan sehat bebas corona atau Covid-19 yang diduga diperjualbelikan di salah satu toko online yang seolah-olah dikeluarkan oleh sebuah rumah sakit.

Salah satu syarat mutlak agar bisa bepergian di tengah pandemi dan larangan mudik saat ini adalah mengantongi surat keterangan hasil negatif tes corona atau Covid-19.

Ternyata, surat ini dianggap sebagai sebuah celah bisnis oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Netizen menemukan bahwa surat keterangan sehat dan bebas Covid-19 bisa dibeli secara online atau daring dan menjadi viral di media sosial.

Media sosial sempat heboh saat surat keterangan bebas Covid-19 dengan kop bermacam rumah sakit dan institusi kesehatan diperjualbelikan di situs mal online.

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 39.000 hingga Rp 70.000 lengkap dengan stempel dan tanda tangan dokter.

Si pelapak bahkan mempromosikan jika ingin transaksi aman dan dilayani lebih cepat untuk menghubungi via nomor WhatsApp.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.