Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanya-Jawab Covid-19 : Jenis Sabun Cuci Tangan Apa Yang Paling Ampuh Cegah Penyebaran Corona?

Kompas.tv - 7 April 2020, 14:15 WIB

KOMPAS.TV - Apakah anda sudah mengetahui pasti tentang virus Corona atau Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Paru, dr. Jaka Pradipta yang akan membantu tim Kompas TV untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Virus Corona.

Terkait, banyaknya pertanyaan mengenai seberapa efektifnya penyemprotan disinfektan dengan berjemur di bawah sinar matahari, dr Jaka menyebutkan jika virus corona ini penyebarannya secara human to human.

Baik disinfektan ataupun berjemur, keduanya sama-sama merupakan upaya mengurangi pola penyebaran dengan membasmi yang ada di lingkungan.

Namun, keduanya tidak serta-merta dijadikan kunci pencegahan corona.

Tetap harus diingat jika pola penyebaran corona yang dari human to human (manusia ke manusia melalui kontak fisik dan droplet) maka, kita tetap diwajibkan untuk menjaga jarak baik itu social distancing maupun physical distancing.

Sehingga, menyemprot dengan disinfektan dan berjemur di bawah sinar matahari tetap belum cukup untuk mencegah corona jika tidak dibarengi dengan melakukan physical distancing.

Selain itu, masyarakat menilai masih perlu adanya sosialisasi terkait bagaimana penyebaran corona kepada anak-anak ataupun orang dewasa.

Masyarakat juga masih memerlukan sosialisasi terkait pemeriksaan dan sistem rujukan rumah sakit.

Kemudian, terkait sabun untuk mencuci tangan, WHO hanya merujuk kandungan dan bahannya saja tidak merujuk jenis sabunnya sehingga sabun apapun baik itu sabun bayi ataupun sabun mandi antiseptik dinilai tetap dapat digunakan untuk membersihkan dan mencegah penyebaran corona.

Namun, tetap saja hal itu tidak bisa menjadi tumpuan karena harus tetap dibarengi dengan physical distancing serta menjaga daya tahan tubuh dan makan makanan yang bergizi. 
 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x