Kompas TV nasional aiman

Peneliti Sebut 4 Kriteria "Gubernur" yang Tepat - AIMAN (Bag 5)

Kompas.tv - 21 Maret 2020, 18:03 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Masuknya nama Basuki Tjahaja Purnama dalam daftar calon Pimpinan di ibu kota baru tentu mengundang reaksi yang bermacam-macam di masyarakat. Ada pihak yang pro lantaran rekam jejaknya dalam keberhasilan menertibkan kawasan Kalijodo dan relokasi banjir di Kampung Pulo saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Namun pihak yang kontra mengklaim bahwa Ahok adalah sosok yang blak-blakan dan kerap melanggar aturan saat menjabat. Ia pun merupakan mantan narapidana kasus penistaan agama pada 2017 silam.

Lalu, apakah sebenarnya tugas dari Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Baru (IKN)? Dan bagaimana kriteria yang tepat dalam memilih "gubernur di ibu kota baru ini?

Menurut salah satu pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, tugas seorang Kepala Badan Otorita sendiri mirip dengan Kepala daerah yaitu berfungsi untuk menyiapkan wilayah yang dikelola menjadi lebih baik, namun dalam hal ini Badan Otorita harus menyiapkan wilayah yang ditunjuk sebagai Ibu Kota. Agus Pambagio menjelaskan lebih lanjut kriteria pimpinan dalam Badan Otorita nantinya harus memiliki 4 syarat yaitu berintegritas, leadership (mempunyai jiwa pemimpin), smart (pintar), cepat belajar dan “kenyang” dalam arti sudah kenyang urusan dunia sehingga tak memikirkan celah untuk Korupsi.

Lantas siapakah sosok dari keempat nama yang telah disebut Presiden Joko Widodo yang tepat dalam memimpin proses perpindahan ibu kota baru? Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono membicarakannya bersama dengan Agus Pambagio yang merupakan peneliti kebijakan publik. Simak penjelasannya di tayangan AIMAN episode Ahok & Utak-Atik "Gubernur" Ibu Kota Baru bagian lima berikut ini.

#aiman #btp #ahok



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x