Kompas TV nasional berita kompas tv

Integrasikan Layanan Transportasi Publik, MRT Jakarta Gandeng Jak Lingko

Kompas.tv - 20 Maret 2020, 10:44 WIB
integrasikan-layanan-transportasi-publik-mrt-jakarta-gandeng-jak-lingko
Sistem terintegrasi Jak Lingko dan Kereta Api Jakarta (Sumber: PT MRT Jakarta)
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV – Transportasi publik merupakan salah satu bidang vital yang harus selalu di-maintenance dengan baik apalagi di kota urban seperti ibu kota DKI Jakarta.

Masyarakat benar-benar mengandalkan transportasi publik sebagai moda berpergian seperti KRL(Commuter Line), MRT (Moda Raya Terpadu), LRT (Lintas Raya Terpadu), dan bus Transjakarta.

Namun sayang, beberapa orang mengeluhkan mengenai sistem pembelian dan penggunaan tiket. Saat ini, di beberapa stasiun atau terminal menggunakan kartu yang beragam. Dapat dibilang belum terintegrasi.

Baca Juga: PT MRT Jakarta dan PT KAI (Persero) Tata Ulang Kawasan 4 Stasiun

Oleh karena itu MRT menggandeng Jak Lingko untuk tujuan terintegrasi. Terintegrasi tidak hanya melalui kartu perjalanan, namun juga soal fisik, pembayaran dan tarif bundling, rute dan layanan, serta data dan informasi.

Adapun implementasi Jak Lingko 2020 pada tahap 1 adalah koridor MRT Lebak Bulus Grab – Bundaran HI. Bentuk penerapannya adalah optimalisasi layanan Transjakarta, peningkatan sarana dan prasarana penumpang seperti fasilitas pejalan kaki dan pengembangan jalur sepeda. Selain itu, integrase prasarana dan park & ride juga jadi target implementasi Jak Lingko 2020.

Bersiap! Naik transportasi publik jadi lebih nyaman!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x