Kompas TV nasional berita kompas tv

Pemberian Insentif Pariwisata ke Negara Terdampak Corona Ditunda

Kompas.tv - 5 Maret 2020, 18:12 WIB
pemberian-insentif-pariwisata-ke-negara-terdampak-corona-ditunda
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan penundaan pemberian insentif dan promosi pariwisata ke beberapa negara yang terdampak wabah Covid-19 atau virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menyatakan, keputusan tersebut merupakan bentuk peninjauan kembali terhadap rencana promosi dan insentif sektor pariwisata.

Baca Juga: 11 Langkah Jitu PT Angkasa Pura II Tangkal Virus Corona

“Kita sudah putuskan untuk menunda promosi dan insentif mendatangkan wisatawan mancanegara di negara-negara yang saat ini terkena dampak virus corona seperti Korea Selatan, Jepang, Iran, Italia, dan lain-lain, dimana sudah dilakukan kepada China sebelumnya,” kata Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Rabu (4/3/2020)

Menurut Wishnutama, langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran virus corona di dalam negeri menjadi lebih buruk. 

“Hal ini tidak hanya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, tapi juga kondusivitas ekosistem pariwisata Indonesia secara menyeluruh,” katanya.

Baca Juga: Fahira Idris Akan Laporkan Balik Pelapornya Terkait Hoaks Corona

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah telah mengidentifikasi semua orang yang sempat kontak dengan kedua pasien yang sudah positif terkena virus corona. Dan saat ini sudah dilakukan pengawasan terhadap yang berhubungan dengan kedua pasien tersebut.

“Jadi kita tidak perlu terlalu ketakutan masalah ini tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam setiap beraktivitas,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat melakukan pencegahan penularan Virus Korona dengan sering mencuci tangan. Dan jangan kemudian menyentuh wajah sebelum cuci tangan. 

Baca Juga: Indonesia Cegah Corona, Gerakan Cuci Tangan Hingga ke Papua Barat
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x