Kompas TV nasional berita kompas tv

Menteri Agama Tak Setuju WNI Eks ISIS Dipulangkan ke Indonesia

Kompas.tv - 8 Februari 2020, 22:49 WIB
Penulis : Edika ipelona

Menteri Agama Fachrul Razi menolak wacana pemulangan WNI eks ISIS kembali ke Indonesia. Namun keputusan akhir soal keputusan ini menurutnya ada di tangan Presiden Joko Widodo.
Menteri Agama Fahrul Razi mengatakan ada banyak cerita yang menunjukkan kekejaman soal anggota ISIS, sehingga menurutnya WNI yang tergabung dalam ISIS tidak layak untuk dipulangkan kembali.

Namun menurutnya keputusan pemulangan WNI eks ISIS bergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi sempat menjadi sorotan akibat lontarannya tentang wacana pemulangan 600 WNI mantan anggota ISIS.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan jika pemerintah belum mengambil keputusan terkait pemulangan WNI mantan ISIS dari Suriah ke Indonesia.

Pemerintah masih mengumpulkan data dan informasi dan akan diputuskan dalam rapat terbatas.

Sementara, Menko Polhukam Mahfud Md menyatakan ada hal yang perlu diantisipasi terkait kemungkinan penyebaran terorisme dari mantan ISIS di Suriah.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat untuk berhati-hati dalam memutuskan pemulangan WNI eks ISIS.

Ganjar sendiri menilai WNI eks ISIS tidak layak dipulangkan kembali ke Indonesia karena telah merobek paspor dan menolak mengakui Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x