Kompas TV nasional kompas pagi

Unik! Ini Dia Ritual Perayaan Imlek di Solo

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 14:58 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Jelang tahun baru Imlek, Umat Konghucu di Klenteng Tien Kok Sie Solo, Jawa Tengah, menggelar Ritual Mandi Buddha. Dengan ritual ini, Umat Konghucu berharap bisa mendatangkan kebaikan bagi dunia dan khususnya Indonesia.

Ritual ini didahului dengan doa didalam Klenteng Tien Kok Sie, Solo, Jawa Tengah. Kemudian, seluruh umat yang mengikuti Ritual Mandi Buddha berjalan mengelilingi seluruh bagian Klenteng, sambil membawa sejumlah barang dan Patung Buddha.

Tak lupa, dalam setiap langkah, mereka memanjatkan doa. Patung Buddha yang dibawa tersebut, kemudian diletakkan di sebuah altar yang tidak jauh dari pintu masuk klenteng.

Satu persatu Umat Konghucu yang datang dan mengikuti ritual maju untuk Berdoa dan memandikan patung dengan air kembang yang disediakan. Ini merupakan harapan para umat, agar di tahun yang baru kebaikan tetap menyelimuti dunia dan khususnya Indonesia.

Doa terus dipanjatkan hingga pergantian tahun tiba. Mereka pun berharap di tahun baru ini, Indonesia bisa menjadi lebih baik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x