Kompas TV nasional berita kompas tv

Dilengkapi Persenjataan dan Navigasi Canggih, Begini Kendaran Taktis Buatan Anak Bangsa

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 14:16 WIB
Penulis : Edika ipelona

TANGERANG, KOMPAS.TV - Selain PT. Pindad, berbagai kendaraan taktis militer juga diproduksi oleh berbagai pihak saat ini. Salah satunya adalah kendaraan militer buatan PT. Sentra Surya Ekajaya di Tangerang, Banten.

Dalam video, anda dapat melihat salah satu kendaraan taktis yang dipamerkan dalam pameran alutsista di kementerian pertahanan.

Kendaraan taktis yang dibuat PT. Sentra Surya Ekajaya ini sudah dilengkapi dengan peralatan canggih. Mulai dari sistem navigasi, sistem persenjataan, dan juga sistem hidrolik yang paling mutakhir. Bentuknya pun sudah futuristik.

Kendaraan taktis ini sudah dikembangkan sesuai kebutuhan prajurit TNI saat ini. Faktor kenyamanan penggunaan juga dipertimbangkan dalam desain kendaraan militer ini.

Tidak hanya untuk digunakan prajurit TNI, kendaraan taktis ini juga sudah mulai diekspor ke Malaysia.

Perlahan namun pasti, industri militer dalam negeri telah mampu bersaing dengan industri militer negara lain.

Kabar terbaru, kendaraan tempur P6 ATAV mulai disukai negara lain.

Ranpur garapan PT Sentra Surya Ekajaya ini sebelumnya dipakai oleh Presiden Ir. Joko Widodo

P6 ATAV dikembangkan berdasarkan kebutuhan perang modern yang mampu dipakai baik on road maupun off road.

“P6 ATAV telah digunakan 18 unit oleh Kopassus, dua unit oleh Denbravo dan Paspampres. Keandalannya sudah teruji dan disertifikasi oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AD,” buka Budhi Murniawan, Program Manager P6 ATAV, PT SSE.

Unitnya bahkan sudah dilirik oleh angkatan bersenjata negara tetangga. Pembuatannya mulai dari nol, proses rancang bangunnya digarap oleh anak bangsa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x