Kompas TV nasional kompas pagi

Konflik AS-Iran Memanas, Retno Marsudi Siapkan Antisipasi dan Imbauan untuk WNI

Kompas.tv - 10 Januari 2020, 09:26 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, terus menyampaikan pesan kepada Duta Besar Amerika Serikat dan Duta Besar Iran untuk Indonesia, agar eskalasi antara kedua negara tersebut tidak berlanjut.

Menlu Retno juga berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Vietnam sebagai negara pemegang Presidensi Dewan Keamanan PBB, agar mengupayakan deeskalasi konflik antara Amerika Serikat dan Iran.

"Yang perlu kita siapkan lebih matang adalah dampaknya kepada Indonesia terutama WNI. Kita terus melakukan komunikasi dengan para kepala perwakilan Indonesia di negara-negara seperti Iran dan Irak, maupun negara-negara lain yang mungkin terdampak apabila eskalasi terus terjadi," ungkap Retno.

Kementerian Luar Negeri juga terus menyiapkan langkah penanganan dampak konflik Amerika Serikat dan Iran, kepada Warga Negara Indonesia yang berada di Iran. Selain menyiapkan jalur telepon yang bisa dihubungi WNI, Kemenlu juga menyiapkan skenario evakuasi jika diperlukan.

"Untuk para WNI, jika sewaktu-waktu butuh bantuan, jangan ragu untuk telepon. Kemenlu juga sudah aktifkan crisis center," jelasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x