Kompas TV nasional berita kompas tv

5 Tips Wujudkan Keuangan Aman dari Tung Desem Waringin

Kompas.tv - 23 Desember 2019, 14:41 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Idham Saputra

Pelatih Kuseksesan, Tung Desem Waringin memberikan 5 tips supaya kita aman secara keuangan di Smart Business Talk kali ini. Banyak orang hanya bisa mencari uang saja, tanpa mengamankannya. Coba ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Aset alokasi

Alokasikan aset Anda di berbagai tempat. Jadi, jangan mengalokasikannya di satu tempat saja. Ingat kan akhir-akhir ini ada kasus gagal bayar asuransi Jiwasraya? Kalau kita meletakkan semua aset kita di situ semua ya jadinya kita juga akan kena akibatnya. 

Aset alokasi ini ada 4: alokasi jenis, alokasi kelas, alokasi tempat, alokasi waktu. Penjelasan lengkapnya bisa ikuti di video ini.

2. Miliki sumber pendapatan beragam (Multiple stream of Income)

Sumber pendapatan sebaiknya jangan dari satu sumber saja. Misalnya, kalau jadi karyawan mungkin kita bisa melakukan usaha sendiri, seperti usaha kost-kostsan, penyewaan rumah, dan lainnya. 

3. Miliki sumber pendapatan pasif beragam (Multiple Stream of Passive Income)

Semacam kita tidur pun bisa dapat income atau penghasilan. Ada 3 jenis passive income. Pertama paper asset, contohnya deposito, saham, atau reksadana yang bisa memberikan Anda bunga atau hasil ketika Anda tidur. 

Kedua, bisnis yang dijalankan tanpa Anda. Misalnya, usaha laundry atau minimarket. Ketiga tentu saja dari properti yang disewakan. Bisa rumah, kost-kostan, hotel, dan lainnya. Nah, pendapatan pasif yang beragam ini harus Anda kembangkan supaya keuangan Anda tetap aman.

4. Miliki asuransi kesehatan

Tanpa asuransi kesehatan, sungguh tidak adil ketika Anda sakit tiga hal yang disebutkan di atas hilang. Jadi penting untuk punya asuransi, khususnya asuransi kesehatan.

5. Berpikiran terbuka dan bertindak

Waktu terus berubah, begitupun dengan cara mencari uang. Terus belajar, meningkatkan diri dan meningkatkan manfaat diri. 

Semoga 5 tips mewujudkan keuangan yang aman ini bermanfaat dan salam dahsyat!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x