Kompas TV nasional sapa indonesia

Antisipasi Jalur Darat Natal dan Tahun Baru, Jalan Tol Perlu Detektor?

Kompas.tv - 21 Desember 2019, 12:20 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Sambut arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru 2020, beberapa jalan tol resmi dioperasikan salah satunya Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II elevated. 

Tentunya hal ini membuat masyarakat berbondong-bondong ingin melewati jalur tersebut. Lalu bagaimana peran pemerintah mengenai pengamanan serta antisipasi arus libur Natal dan Tahun Baru?

Menurut Risal Wasal, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, pemerintah telah menyiapkan infrastruktur yang ada serta menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan para pengguna. 
Risal mengatakan bahwa adanya lonjakan pengguna jalur darat saat ini, menyebabkan pihaknya untuk menjalani tiga tugas wajib, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kesiapan dari sarana dan awak sarana, dan meningkatkan ketertiban dan keamanan ruas-ruas jalan yang ada. 

Azas Tigor Nainggolan, selaku Pengamat Transportasi, mengatakan bahwa saat ini kondisinya masyarakat terbagi menjadi dua tujuan. Pertama, lewat jalur tol karena mau berlibur ke daerah lain atau kedua, karena antusias ingin merasakan lewat tol baru. 

Perlunya antisipasi dan pengawasan yang lebih baik serta ketat dari petugas di setiap titiknya. Risal juga berkata nantinya tol ini akan dipasang detektor untuk pengawasan. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x