Kompas TV nasional berita kompas tv

Wacana ASN Robot, Menaker: Itu Otomatisasi Dunia Kerja

Kompas.tv - 30 November 2019, 22:07 WIB
Penulis : Edika ipelona

Komisi aparatur sipil negara angkat bicara soal rencana pemangkasan eselon III dan IV untuk digantikan dengan kecerdasan buatan.

Komisioner KASN Ari Budiman menyatakan, KASN setuju jika ada perampingan di tubuh ASN guna mendorong reformasi birokrasi. Meski demikian, Arie menyebut pemangkasan eselon III dan IV tidak akan maksimal jika tidak diiringi sikap profesionalisme dan integritas di kalangan ASN sendiri.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan pergerakan investasi Indonesia dengan mendorong reformasi birokrasi agar lebih efektif dan efisien. Salah satu terobosannya adalah dengan memangkas pejabat eselon III dan IV.

Terkait wacana penggantian ASN dengan kecerdasan buatan, Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah menyatakan otomatisasi dunia kerja tidak hanya wacana di ranah ASN namun juga di dunia kerja secara keseluruhan.

Ida menambahkan, otomatisasi dunia kerja dalah hal yang tidak dapat dihindari karena itu penting untuk melakukan peningkatan skil dan pelatihan kepada para pekerja di Indonesia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x