Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi Usul Eselon III-IV Diganti Robot, Pengamat: AI Tak Bisa Gantikan Kinerja Manusia

Kompas.tv - 30 November 2019, 13:55 WIB
Penulis : Reny Mardika

Usulan presiden yang ingin menerapkan artifical inteligence atau kecerdasan buatan untuk memutus rantai birokrasi yang panjang, mendapat tanggapan dari DPR. Komisi II DPR menilai rencana itu harus disiapkan dengan matang.

Wakil ketua komisi II DPR, Saan Mustopa menyatakan, salah satu cara untuk memutus rantai birokrasi yang panjang di pemerintah adalah dengan menggunakan kecerdasan buatan. Namun, penerapnnya harus dilakukan secara bertahap dengan "pilot project" di beberapa daerah atau instansi pemerintah yang dinilai sudah siap.

Saan menambahkan, presiden Jokowi juga harus memikirkan dampak dari penerapan sistem ini, seperti pemindahan posisi sejumlah pejabat eselon III dan eselon IV.

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah menilai, usulan presiden menggunakan artificial intelegince, dapat memberikan ruang efisiensi. Namun kecerdasan buatan, sesungguhnya tidak dapat menggantikan kinerja manusia.
 

#Jokowi #EselonJadiRobot #DPRRI

 

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop dihttps://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini,terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuksubscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media social Kompas TV:

Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV

Instagram: https://www.instagram.com/kompastv

Twitter: https://twitter.com/KompasTV

LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x