Kompas TV nasional sapa indonesia

Populasi Kucing Naik Dikhawatirkan Timbulkan Masalah, Sterilisasi Jadi Solusi?

Kompas.tv - 25 November 2019, 16:10 WIB

Populasi kucing di Jakarta meningkat tiap tahunnya. Peningkatan jumlah kucing terjadi karena populasinya yang tak dikendalikan. Jumlah kucing di jakarta pada 2021 diperkirakan mencapai 2,8 juta ekor. Jumlah ini didominasi kucing yang tinggal di jalanan ibu kota. Dengan angka sebesar itu sejumlah permasalahan mesti diantisipasi antara lain meningkatnya penyebaran rabies, gangguan kenyamanan masyarakat dan potensi tindak kekerasan terhadap kucing di jalanan.

Mengantisipasi meningkatnya populasi kucing khususnya di jalanan kesadaran timbul dari sebagian masyarakat. Salah satunya Ratu Elfi. Tinggal di rumahnya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Saat ini ia memelihara sebanyak 90 kucing yang mayoritas didapatkannya dari jalanan. Mendapatkan kucing dalam kondisi sakit atau terluka Ratu Elfi merawatnya hingga sembuh. Sementara untuk mengendalikan jumlahnya ia melakukan sterilisasi terhadap kucing-kucingnya.

Sterilisasi memang menjadi jurus paling ampuh dalam mengendalikan populasi kucing. Selain itu vaksinasi juga diperlukan untuk mencegah penyebaran rabies. Selanjutnya edukasi juga perlu dilakukan terhadap masyarakat untuk menghindari tindak kekerasan terhadap kucing di jalanan.

#KucingJalanan #Jakarta #Sterilisasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x