Kompas TV nasional berita kompas tv

Cara Mendaftar CPNS Online Kementerian ESDM

Kompas.tv - 12 November 2019, 16:15 WIB
Penulis : Deni Muliya | Editor : Idham Saputra

Tahun 2019 ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk masyarakat umum.

Pembukaan CPNS ini dilakukan secara serentak dengan seluruh Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Pendaftaran CPNS dibuka mulai tanggal 11 sampai 24 November 2019 secara online melalui https://sscasn.bkn.go.id/.

Dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kep Men-PAN RB) Nomor 406 Tahun 2019 tanggal 27 September 2019 dicantumkan tata cara pendaftaran CPNS.

Tata cara pendaftaran itu di antaranya :

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 11 s.d. 26 November 2019 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK);

2. Pada saat pendaftaran secara online melalui portal sebagaimana diatas, pelamar harus mengisi NIK pelamar dan NIK kepala keluarga pada Kartu Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga, alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman lalu mengunggah pas foto berlatar belakang merah berukuran 4x6 (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file jpg) dan cetak Kartu Informasi Akun;

3. Setelah itu pelamar kembali login ke portal diatas menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, kemudian pelamar :

  • Mengunggah foto diri pelamar (swafoto) yang sedang memegang Kartu Informasi Akun dan e-KTP/ surat keterangan perekaman e-KTP sebagai bukti telah melakukan pendaftaran (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file Jpg).
  • Memilih instansi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, jenis formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  • Melengkapi data dan form yang tersedia dengan jenjang pendidikan D-III, D-IV atau S-1 dan wajib mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.
  • Apabila telah lengkap pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.

4. Pelamar mengunggah secara online hasil pindai (scan) dokumen persyaratan yang terdiri dari :

  • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI di Jakarta, dan surat pernyataan diketik menggunakan Komputer, bermaterai Rp. 6000,- serta ditandatangani dengan pena bertinta hitam. Kedua dokumen digabung dalam satu file (format surat lamaran dan surat pernyataan dapat diunduh di laman https://cpns.esdm.go.id.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
  • Dokumen digabung dalam 1 file pdf terdiri dari :

1) Asli Ijazah sesuai kualifikasi pendidikan

2) - Cetakan tangkapan layar (screen capture) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada laman https://banpt.or.id yang memuat status akreditasi perguruan tinggi atau program studi pelamar pada saat lulus; atau

- Surat akreditasi pada saat lulus yang dikeluarkan oleh instansi

pemerintah yang membidangi perguruan tinggi.

- Khusus Formasi Cumlaude/dengan pujian melampirkan hasil cetakan tangkapan layar (screen capture) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada laman https://banpt.or.id yang memuat status akreditasi A untuk perguruan tinggi dan program studi pada saat lulus.

  • Transkrip Nilai Legalisir asli (sesuai dengan jabatan yang dilamar)
  • Khusus untuk pelamar Formasi Putra/Putri Papua atau Papua Barat:

- asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang

bersangkutan; dan

- surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua atau Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli dari Papua atau PapuaBarat

  • Khusus untuk pelamar Formasi Disabilitas, mengunggah asli Surat Keterangan Dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas
  • Khusus untuk pelamar dengan jabatan Pengamat Gunung Api dan Analis Ketenagalistrikan, mengunggah Asli Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah setempat/Puskesmas.
  • Asli Sertifikat TOEFL ITP / Paper Based TOEFL / TOEFL Prediction /Computer Based TOEFL/Internet Based TOEFL / TOEIC / IELTS yang masih berlaku.

5. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019.

6. Waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 November s.d. 26 November 2019 (ditutup pukul 23.59 WIB) melalui portal https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id.

7. Dokumen persyaratan yang di unggah adalah scan berkas asli berwarna (tidak hitam putih) dan pelamar memastikan kembali berkas yang di unggah dapat dibuka / file tidak rusak dan terbaca dengan jelas.

8. Pelamar kualifikasi pendidikan D-III, D-IV dan S-1 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui portal: https://sscasn.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id;

9. Pelamar penyandang disabilitas wajib mengikuti verifikasi jenis/tingkat disabilitas sesuai jadwal yang akan diumumkan kemudian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x