Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi Beri Tugas Khusus Wamenlu Mahendra Siregar

Kompas.tv - 25 Oktober 2019, 15:39 WIB
Penulis : Deni Muliya

Dua belas Wakil Menteri Negara (Wamen) Kabinet Indonesia Maju (KIM) telah diperkenalkan ke publik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

“Profil mereka ini (Wakil Menteri), menurut saya, sudah sangat bagus untuk memperkuat Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi, seraya membacakan profil wakil menterinya itu.

Wamen pertama yang diprofilkan secara singkat oleh Jokowi adalah Mahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri.

Menurut Jokowi, Wamenlu punya tugas khusus yaitu diplomasi ekonomi, terutama yang berkaitan dengan perjanjian-perjanjian perdagangan dan investasi.

“Kita telah menyeselesaikan perjanjian dengan negara luar, misalnya IA-CEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA),” ujar Jokowi.

Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Persemakmuran Australia secara resmi telah menandatangani IA-CEPA di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Jokowi melanjutkan, untuk perjanjian-perjanjian perdagangan atau investasi lainnya yang belum terealisasikan, oleh Jokowi sudah diberi target kepada Wamenlu agar segera menyelesaikannya.

“Ada sekitar 14 sampai 15 negara untuk dapat dilakukan perjanjian perdagangan terutama dengan negara-negara Uni Eropa,” ungkap Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x