Kompas TV nasional berita kompas tv

Gedung Parlemen Siap Melantik Presiden dan Wapres

Kompas.tv - 18 Oktober 2019, 18:03 WIB
Penulis : Deni Muliya

Dua hari jelang pelantikan presiden dan wakil presiden, gedung parlemen Senayan berbenah.

Kesiapan internal dan eksternal parlemen rampung hampir seratus persen.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Maruf Cahyono memastikan bahwa pelantikan akan berlangsung secara sederhana dan khidmat.

Termasuk dekorasi dan penunjang lainnya disiapkan sederhana. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik di gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, pukul 14.30 WIB.

“Sudah hampir rampung persiapannya,” kata Maruf Cahyono.

Maruf menyatakan bahwa persiapan terakhir akan dirampungkan secara keseluruhan hari ini.

Setelah itu MPR akan melakukan pelaksanaan gladi pada hari ini dan Sabtu (19/10) besok.

“Prinsip sebenarnya siap sekali ya, sudah maksimal. Tapi kalau mau persentase saya kira sudah di atas 95 persen ya. Hari ini gladi kotor, besok gladi resik. Sudah enggak ada hal yang menjadi kendala ya, tinggal pelaksanaan,” ujar Maruf, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Untuk tamu undangan, lanjut Maruf, mantan presiden serta kandidat capres dan cawapres juga sudah memastikan bakal hadir di pelantikan Jokowi dan Maruf Amin.

“Ya alhamdulillah kemarin secara langsung undangan MPR sudah diberikan, dari mulai presiden kelima Megawati ya siap hadir, SBY siap hadir, kemudian nanti Pak Prabowo juga hadir, Pak Sandiaga hadir," kata Maruf.

"Saya kira tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan, dan mereka membawa pesan positif tidak hanya internal kita, tapi juga dunia internasional,” ujar Maruf.

Maruf menegaskan bahwa pelantikan Jokowi -Ma'ruf Amin bakal berlangsung secara sederhana sesuai dengan kehendak Presiden Jokowi.

Namun begitu, MPR tetap menyesuaikan dengan standar yang ada lantaran menyambut tamu-tamu dari kepala negara dan kepala pemerintahan dari berbagai negara.

“Ya sederhana memang betul, kemarin pada saat kita rapat konsultasi dari pimpinan MPR dengan presiden jelas bahwa dilakukan sederhana, khidmat, agung, kan gitu. Tentu kita melaksanakannya seperti itu, karena sudah tersedia, semuanya sudah ada ya, tinggal melaksanakan saja,” ungkapnya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x