Kompas TV nasional berita kompas tv

Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar Kompor Gas

Kompas.tv - 27 September 2019, 20:10 WIB

Jemmy Makasala, Manajer Teknik Bank Sampah di Desa Watu Tumou Kabupaten Minahasa Utara merasa mesti melakukan sesuatu untuk membuat Bumi lebih nyaman ditinggali.

Alhasil hampir setiap hari ia bekerja dan mencari cara. Bukan hanya mendaur ulang sampah plastik sampah organik seperti sisa makanan dan sayuran rumah tangga ia olah menjadi pupuk dan bahan bakar gas.

Biodigester adalah alat pengolahan sampah melalui proses fermentasi sehingga sayuran atau sisa makanan diubah menjadi biogas. Hingga akhirnya bisa dimanfaatkan salah satunya menjadi bahan bakar bagi kompor.

Cara ini bisa mengurangi efek rumah kaca akibat gas metana yang terbuang percuma ke udara karena pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir sampah. Meski masih dalam skala terbatas terobosan pengolahan sampah organik dan anorganik di Bank Sampah ini bisa jadi contoh setiap orang bisa membuat perubahan untuk menyelamatkan lingkungan.

#Daurulang #Bahanbakar #Sulawesiutara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.