Kompas TV nasional kompas bisnis

Ekspansi ke Kalimantan, Emiten Kecipratan Cuan Pemindahan Ibu Kota

Kompas.tv - 26 Agustus 2019, 11:30 WIB

Meski masih belum diputuskan ibu kota baru sudah mengerucut ke satu provinsi yaitu Kalimantan Timur. Kalimantan pun bakal jadi area baru yang menarik digarap oleh para pelaku usaha. Pelaku usaha yang telah berekspansi berpotensi meraup untung.

Dari sektor properti Ciputra Development Tbk sudah punya lahan seluas 870 hektar di Kalimantan. Sementara dari konstruksi Wijaya Karya Beton berencana membangun pabrik baru di Kalimantan Timur seluas 26 hektar. Selain 2 emiten itu ada juga pabrik Massindo Grup produsen kasur pegas yang memperluas pabrik di Samarinda Central Bizpark, Kalimantan Timur.

Analis Profindo Sekuritas Indonesia Dimas Wahyu Pratama menyebut pemindahan ibu kota akan baik untuk pemerataan ekonomi. Akademisi investasi Lukas Setia Atmaja pun mengiyakan. Pemindahan ibu kota jadi poin positif bagi emiten. Selama pemindahan ibu kota tak memengaruhi kondisi mendasar suatu perusahaan maka emiten tak masalah dengan keputusan pemerintah ini.

Diperkirakan akan ada 1,5 juta penduduk dari Jakarta bermigrasi. Terdiri dari para PNS maupun anggota TNI-Polri. Sesuai rencana pemindahan para PNS ke ibu kota baru akan dimulai tahun 2024 mendatang. Total anggaran Rp 486 triliun dibutuhkan untuk bisa mewujudkan rencana pemindahan ini.

#Emiten #PemindahanIbuKota #Kalimantan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x