Kompas TV nasional berita kompas tv

Intip Proses Pembuatan Kiswah, Kain Penutup Ka'bah Berhiaskan Ayat Al-quran

Kompas.tv - 7 Agustus 2019, 08:50 WIB
Penulis : Desy Hartini

Ini adalah proses pembuatan kiswah, kain penutup Ka’bah. Kain yang disulam dengan sutra itu dihiasi dengan ayat-ayat Al-Quran. Setiap huruf disulam tangan oleh perajin yang berpengalaman.

Setiap tahun, sebuah kiswah dipakaikan di Ka’bah untuk ibadah haji tahunan. Para petugas yang telah menyelesaikan kiswah tahun ini kini tengah mengerjakan kiswah tahun berikutnya.

Khaled telah menyulam kiswah selama 32 tahun dan dia tidak tertarik mengerjakan pekerjaan lain di dunia ini. Potongan yang sedang dikerjakannya akan ditempatkan di satu sisi hitam Ka'bah.

Baru-baru ini, pemerintah mencoba untuk industrialisasi sektor bordir dengan memperkenalkan mesin untuk membantu pekerjaan ini.

Diperkirakan 670 kilogram sutra digunakan untuk membuat kiswah. Benang sutra berlapis perak diimpor dari Italia sedangkan benang berlapis emas diimpor dari Jerman bersama-sama seharga sekitar 6 juta dolar Amerika Serikat.

Pergantian penutup biasanya dilakukan pada hari jemaah pergi ke Padang Arafah untuk melakukan wukuf seperti ritual yang dilakukan Nabi Ibrahim.

#Kiswah #IbadahHaji #Kabah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x