Kompas TV nasional berita kompas tv

Canggih! Bocah 12 Tahun Ciptakan Metode Pembelajaran Digital "Pintar Online"

Kompas.tv - 25 Juli 2019, 10:30 WIB
Penulis : Desy Hartini

Seorang bocah berusia 12 tahun, Muhammad Hafizh Bayhaqi, meluncurkan sebuah aplikasi e-learning atau metode pembelajaran digital. Berawal dari keinginannya membantu sang adik yang home schooling untuk belajar, Hafizh, bocah asal Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat aplikasi e-learning atau metode pembelajaran digital.

Hafizh yang juga memilih home schooling atau model alternatif belajar selain di sekolah mulai tertarik pada dunia pemrograman sejak usia 9 tahun.

Dibantu rekan seusianya, Hafiz melahirkan aplikasi e-learning yang diberi nama Pintar Online. Pembuatan aplikasi ini pun membutuhkan waktu dua bulan pengerjaan. Layaknya sekolah umum, aplikasi ini memiliki beberapa fitur, seperti kepala sekolah, guru, kelas, daftar absen, ulangan, serta kegiatan lainnya.

Aplikasi pintar online dapat digunakan mulai jenjang SD hingga SMA dan SMK. Konten yang ada di dalam aplikasi Pintar Online milik Hafizh dibuat oleh guru.

Kini, Pintar Online telah digunakan di 54 sekolah di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya alias gratis. Meski hingga kini, belum ada respon dari pemerintah, Hafizh berharap agar aplikasi ini dapat digunakan lebih banyak lagi oleh sekolah di Indonesia.

#AplikasiElearning #BocahHafizh #MetodeBelajarDigital



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x