Kompas TV nasional politik

Komisi III DPR Panggil Kapolri dan Jaksa Agung, Minta Penjelasan Dugaan Jampidsus Dikuntit Densus 88

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 18:50 WIB
komisi-iii-dpr-panggil-kapolri-dan-jaksa-agung-minta-penjelasan-dugaan-jampidsus-dikuntit-densus-88
Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi III DPR RI akan memanggil Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin terkait dugaan anggota Densus 88 menguntit Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Febrie Ardiansyah.

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto mengatakan pemanggilan Kapolri dan Jaksa Agung ini untuk meminta penjelasan guna mencegah opini yang berkembang luas di masyarakat. 

Bahkan, sudah ada pihak yang menilai bahwa ada tekanan ke Kejagung yang saat ini sedang menangani kasus-kasus besar, seperti kasus korupsi timah senilai Rp271 triliun. 

"Kalau aku berpendapat hari ini kan tentu saya juga pakai opini toh, persepsi toh, itu keliru. Nanti bisa salah malah memperburuk situasi. Jadi seperti dulu saja, kita perjelas nanti dalam rapat di Komisi III," ujar Bambang, Senin (27/5/2024).

Bambang menambahkan Komisi III DPR RI telah menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan mitra kerja, termasuk menjadwalkan rapat kerja dengan Kapolri dan Jaksa Agung selaku mitra kerja.

Baca Juga: Kronologi Anggota Densus 88 Diduga Kepergok Intai Jampidsus, PM Curiga Pria Arahkan Alat Perekam

Namun, Komisi III DPR RI saat ini lebih mengutamakan penyelesaian anggaran dan rapat konsultasi pimpinan. 

Untuk peristiwa anggota Densus membuntuti Jampidsus akan diberikan waktu tersendiri, seperti saat Komisi III DPR RI memanggil Kapolri Listyo untuk meminta penjelasan soal kasus kematian Brigari Yosua Hutabarat. 

"Jadi nanti resmi seperti dulu diundang," ujar Bambang.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menyampaikan pemanggilan terhadap Jaksa Agung dan Kapolri merupakan hal penting. 

Hal ini diperlukan untuk mendapat penjelasan mengenai isu dugaan anggota Densus 88 tertangkap basah saat memantau gerak-gerik Jampidsus Febrie Adriansyah. 

Baca Juga: Kapuspen TNI Buka Suara Soal Pengamanan di Kejagung Dikaitkan Isu Densus 88 Diduga Kuntit Jampidsus

"Saya pikir itu suatu isu yang tidak mungkin untuk tidak ditanyakan. Justru kalau kami tidak menanyakan, nanti rakyat akan bertanya-tanya ada apa dengan polisi," ujar Arteria, Minggu (26/5/2023). 

"Seandainya itu benar terjadi, ini sangat memprihatinkan. Mudah-mudahan semua pihak mampu menahan diri, semua pihak mampu bekerja secara profesional." 

Dikutip dari Kompas.id, Febrie Ardiansyah diduga dibuntuti oleh anggota Densus 88 di sebuah restoran Perancis di Cipete, Jakarta Selatan, pada Minggu (19/5/2024). 

Kemudian, disebutkan bahwa anggota Densus 88 yang membuntuti Febrie berjumlah dua orang. 

Aksi anggota Densus 88 tersebut lantas diketahui oleh Polisi Militer (PM) yang telah ditugaskan mengawal Febrie semenjak Kejagung mengusut kasus korupsi timah senilai Rp271 triliun.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x