Kompas TV nasional humaniora

Dua Calon Jemaah Haji dari Pulau Jawa Dirawat di Sumatera, Tiba-tiba Sesak Nafas dalam Pesawat

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 14:02 WIB
dua-calon-jemaah-haji-dari-pulau-jawa-dirawat-di-sumatera-tiba-tiba-sesak-nafas-dalam-pesawat
Ilustrasi pemberangkatan haji. (Sumber: Antara/Harianto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

MEDAN, KOMPAS.TV - Dua calon jemaah haji (calhaj) asal Pulau Jawa yang merupakan penumpang dalam penerbangan dengan technical landing (pendaratan teknis) dirawat di RSUD Amri Tambunan, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Calon haji pertama adalah Ossy Sugiono (71), asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,  yang tercatat di Embarkasi Solo dan terbang dengan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Adi Soemarno di Boyolali.

Menurut hasil pemeriksaan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Embarkasi Solo, kondisi fisik Ossy Sugiono lemas, sesak napas disertai nyeri dada, pucat, berkeringat dingin, dan muntah.

"Keduanya merupakan penumpang technical landing di Bandara Internasional Kualanamu," ujar Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan Zulfan Efendi, di Medan, Minggu.  

Baca Juga: 15 Calon Haji Meninggal Akibat Kelelahan dan Serangan Jantung

"Itu satu jam sebelum mendarat di Kualanamu mengisi avtur pukul 00.35 WIB. Ossy beserta anaknya sebagai pendamping dibawa ambulans ke RSUD Amri Tambunan," katanya.

Calon haji kedua adalah Siti Aminah (55), asal Kota Blitar, Jawa Timur yang tercatat di Embarkasi Surabaya dan menumpangi pesawat Saudi Arabia dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

Hasil pemeriksaan TKHI Embarkasi Surabaya menyatakan bahwa calon haji ini tidak layak terbang ke Madinah karena lemas, sesak napas disertai penurunan kesadaran.

"Namun satu jam sebelum pendaratan di Kualanamu pukul 2.30 WIB, calhaj ini mengalami penurunan kesadaran disertai sesak napas. Siti dan anaknya sebagai pendamping dirujuk ke RSUD Amri Tambunan," tutur Zulfan.

Selain itu, Zulfan juga menyebutkan bahwa dua calon haji lainnya, yaitu Siti Munawaroh (76) dari Embarkasi Surabaya, Jawa Timur dan Robiyah Sayun Tawan (72) dari Embarkasi Solo, Jawa Tengah, telah dikembalikan ke embarkasi asal mereka.

"Sudah dikembalikan ke embarkasi asal beserta anaknya sebagai pendamping untuk diberangkatkan pada kloter berikutnya ke Tanah Suci," papar Zulfan lagi dikutip dari Antara.

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, PPIH Embarkasi Solo Bagikan Paket APD ke Jemaah Calon Haji


 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x