Kompas TV nasional hukum

KPK Sebut Ada Upaya Merintangi Penyidikan Kasus TPPU SYL, Ancam Konsekuensi Hukum

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 20:08 WIB
kpk-sebut-ada-upaya-merintangi-penyidikan-kasus-tppu-syl-ancam-konsekuensi-hukum
Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (20/5/2024). (Sumber: KOMPAS.com/IRFAN KAMIL)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menemukan indikasi adanya perintangan penyidikan dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan ada konsekuensi hukum bagi pihak yang berupaya merintangi penyidikan kasus tersebut.

“Kami ingatkan bagi siapa pun untuk tidak melakukan tindakan menghalangi proses penyidikan perkara ini, karena ada aturan hukum disertai sanksi yang tegas bagi yang melakukannya,” kata Ali Fikri dalam keterangan resminya di Jakarta pada Kamis (23/5/2024).

Baca Juga: Gara-Gara Penuhi Permintaan SYL, Kementan Punya Utang Rp1,6 Miliar ke Vendor

Ali Fikri menjelaskan upaya perintangan penyidikan yang ditemukan pihaknya dalam kasus TPPU SYL yakni ada pihak yang sengaja menutupi tanda penyitaan oleh Tim Penyidik KPK terhadap barang bukti di Sulawesi Selatan.

“Ada pihak tertentu yang diduga sengaja menutupi tanda pasang sita Tim Penyidik KPK yang beralamat di Jalan Jalur Dua, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat Pare-pare, Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, lanjut Ali Fikri, upaya menghalangi penyidikan juga terlihat ketika penyidik menemukan dan menyita mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar milik SYL pada Rabu (22/5/2024).

Menurut Fikri, mobil yang ditemukan di lahan kosong salah satu kawasan perumahan di Makassar itu diduga sengaja disembunyikan oleh orang dekat SYL.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir penyidik KPK gencar menyita sejumlah aset SYL dan anak buahnya, mulai dari rumah hingga sejumlah mobil.

Baca Juga: Sahroni Janji Penuhi Panggilan KPK untuk Bersaksi di Sidang SYL

Salah satu yang disita adalah mobil Mercedes-Benz Sprinter beserta kunci remot yang ditemukan penyidik di Perumahan Bumi Permata Hijau, Makassar.

Selain itu, penyidik juga menyita dua unit kendaraan di Perum The Orchid Jalan Orchid Indah, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Kendaraan dimaksud adalah satu unit mobil New Jimny warna ivory dengan satu buah kunci, serta satu unit motor Honda X-ADV 750 CC warna silver dominan beserta tiga buah kunci.

"(Mobil tersebut) diduga sengaja disembunyikan," kata Ali dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5).

Kendaraan-kendaraan tersebut kini dititipkan di Polrestabes Makassar.

SYL diduga melakukan pencucian uang atas praktik pemerasan dan gratifikasi yang ia lakukan selama menjabat sebagai menteri pertanian.

Baca Juga: Selain Keluarga SYL, Jaksa Hadirkan Ahmad Sahroni hingga Biduan Nayunda Nabila di Sidang Pekan Depan

Kasus dugaan korupsi SYL sedang bergulir di pengadilan. SYL didakwa menerima uang Rp 44,5 miliar hasil memeras anak buah dan direktorat di Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x