Kompas TV nasional politik

Tak Ingin Bebani, Partai Demokrat Serahkan Sepenuhnya Penyusunan Kabinet pada Prabowo

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 16:09 WIB
tak-ingin-bebani-partai-demokrat-serahkan-sepenuhnya-penyusunan-kabinet-pada-prabowo
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menceritakan posisinya saat ini berada di Kabinet Indonesia Maju kepada pengurus dan kader Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat, Jumat (8/3/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Partai Demokrat tidak akan membebani Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengenai komposisi menteri atau penyusunan kabinet pemerintahan mendatang.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/5/2024).

Pihaknya, kata AHY, menyerahkan sepenuhnya perihal penyusunan kabinet kepada Prabowo Subianto, karena lebih memahami kebutuhan kabinet ke depan.

"Kami memilih untuk tidak memberikan beban apa pun ataupun beban tambahan kepada bapak Prabowo Subianto, karena kami menyerahkan bahwa beliau yang paling memahami kebutuhan kabinet ke depan seperti apa,” ujar AHY.

Baca Juga: Target Mendagri Tito Karnavian dan Menteri AHY di World Water Forum, Bali

Mengutip pemberitaan Kompas.com, AHY menegaskan komitmen Partai Demokrat untuk mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sejak pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kepada beliau sebagai presiden terpilih bapak Prabowo Subianto, karena yang jelas kami Partai Demokrat telah memiliki komitmen setelah berjuang bersama.”

Prabowo, lanjut AHY, tentu sangat berharap dukungan penuh bukan hanya pada saat kampanye, tetapi menjalankan pemerintahan selama lima tahun ke depan agar sukses.

“Beliau sampaikan itu berkali-kali," ungkap putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Untuk mendukung pemerintahan selama lma tahun ke depan, ia memastikan Partai Demokrat menyiapkan kader-kader dan gagasan-gagasan.

AHY pun mengaku senang karena Prabowo selalu melibatan Demokrat dalam berbagai rapat pembahasan terkait membangun pemerintahan ke depan.

“Tentunya di samping secara umum kita menyampaikan ataupun telah memiliki komitmen seperti itu, kalaupun dalam diskusinya kita selalu dilibatkan kami juga merasa sangat senang karena beliau (Prabowo) selalu mengajak diskusi dengan baik,” bebernya.

Pelibatan itu termasuk membahas tentang ekonomi bagaimana ke depan, hubungan internasional, pembangunan infrastruktur, termasuk juga kesejahteraan rakyat, sumber daya manusia dan sebagainya.

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran: Hubungan Pak Jokowi dan Bu Mega Susah Diperbaiki Sejak Gibran Masuk Gelanggang

Hal itu, ungkap AHY, penting untuk terus dijaga, karena  tantangannya semakin kompleks sehingga membutuhkan tim yang solid, kuat, dan kompak untuk menghadapinya.

"Kita tahu tadi juga tentang air misalnya, ini merupakan tantangan bukan hanya bagi Indonesia melainkan juga bagi dunia. “

“Belum lagi bicara soal pangan, energi dan sebagainya. Jadi banyak hal yang harus ditangani dengan serius dan ini membutuhkan tim yang kuat, solid dan kompak. Kabinet yang juga kapabel dan menurut saya perlu kita siapkan bersama-sama,” beber Agus Harimurti Yudhoyono.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x