Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Bakal Pertimbangkan Usung Anies jika sudah Resmi Maju Lagi di Pilgub DKI 2024

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 06:10 WIB
pkb-bakal-pertimbangkan-usung-anies-jika-sudah-resmi-maju-lagi-di-pilgub-dki-2024
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda saat ditemui di gedug DPR RI, Selasa (21/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PKB bakal mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan jika Calon Presiden Pilpres 2024 itu ingin maju kembali di Pilkada DKI Jakarta. 

Wasekjen PKB Syaiful Huda menjelaskan, komunikasi PKB dengan Anies masih berjalan baik.

PKB juga telah membuka komunikasi dengan orang-orang dekat Anies terkait keinginan mantan gubernur DKI Jakarta itu di Pilkada serentak 2024. 

Syaiful menambahkan, meski kader PKB yang menjabat Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah masuk dalam daftar kandidat calon kepala daerah untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, PKB tetap membuka pintu bagi Anies jika ingin maju kembali memimpin DKI Jakarta. 

"Dari hasil diskusi, obrolan dari teman-teman kanan kiri Mas Anies, kira-kira kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi di dalam Pilgub," ujar Syaiful saat ditemui di gedung DPR, Selasa (21/5/2024). 

Lebih lanjut Syaiful Huda belum bisa memastikan jika nantinya PKB akan menyatukan Anies dengan Ida Fauziyah di Pilgub DKI.

Baca Juga: Anies Mulai Pertimbangkan Maju Lagi di Pilgub Jakarta saat Hadiri Halalbihalal Bareng PKL

Menurut Syaiful, sejauh ini baru Ida Fauziyah yang masuk dalam kandidat bakal calon kepala daerah Pilgub DKI dari PKB. Itupun masih dalam tahap pemantapan. 

"Jadi secara tahapan, PKB belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi (siapa yang diusung di Pilkada Jakarta)," ujar Syaiful. 

Sebelumnya, Anies mengaku sudah ditawari sejumlah partai politik untuk kembali maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 dan tengah mempertimbangkannya.

Hal ini disampaikan Anies ketika bertemu dengan masyarakat Jakarta yang tergabung dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota pada Minggu (19/5/2024) lalu. 

"Nah, jadi tadi disampaikan pernyataan dukungan kami. Saya ngomong sama bapak/ibu, memang saya mendapatkan undangan dari parpol-parpol, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan jadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan. Apakah kembali atau tidak," ujar Anies.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x