Kompas TV nasional peristiwa

Pesawat Cessna yang Jatuh di BSD Sempat Kirim Pesan Mayday sebelum Kecelakaan

Kompas.tv - 19 Mei 2024, 17:48 WIB
pesawat-cessna-yang-jatuh-di-bsd-sempat-kirim-pesan-mayday-sebelum-kecelakaan
Sebuah pesawat jatuh di Jalan Raya Cilenggang tepatnya di seberang McDonalds, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu (19/5/2024) sian (Sumber: KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

TANGERANG, KOMPAS.TV - Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ibnu Bagus Santoso menyampaikan, pesawat Cessna 2006 sempat mengirimkan pesan mayday (tanda bahaya) sebelum jatuh di kawasan Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024) siang.

Polisi mengonfirmasi, terdapat tiga korban tewas dalam kecelakaan ini. Tiga korban itu berstatus sebagai pilot, kopilot, dan engineer pesawat.

Baca Juga: Pesawat yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Angkut Tiga Orang

Berdasarkan informasi awal, Ibnu menyebut, pesawat dengan nomor registrasi PK-IFP ini jatuh dalam perjalanan kembali ke Pondok Cabe.

"Tujuan pertama dari Pondok Cabe, arahnya kita masih belum tahu. Informasi awal, dari Tanjung Lesung mau kembali lagi ke Pondok Cabe. Terus ada informasi minta tolong mayday, mayday kemudian hilang kontak,” kata Ibnu, Minggu (19/5).

"Korban meninggal ada tiga orang, yakni pilot, kopilot, termasuk engineer-nya. Sekarang ketiga jenazah tersebut dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati Polri untuk identifikasi,” katanya.

Ibnu mengaku, pihaknya belum bisa menyampaikan identitas korban kepada publik.

Saat ini, kepolisian bersama pihak terkait telah mengevakuasi bangkai pesawat dari lokasi kejadian.

"Untuk sekarang kita serahkan kepada KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) untuk melaksanakan identifikasi kejadian kecelakaan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengaku belum bisa mengonfirmasi apakah ketiga korban pesawat jatuh adalah warga kotanya.

 "Saya hanya ingin menyatakan pemerintah kota prihatin dengan kejadian ini. Saya belum dapat data (korban) warga Tangsel atau bukan,” kata Benyamin.

Menurut informasi Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, pesawat Cessna 2006 ini dimiliki oleh Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia). Pesawat jatuh di kawasan Lapangan Sunburst BSD sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga: Saksi Mata Ceritakan Pesawat yang Jatuh di BSD Serpong, Terbang Rendah dan Oleng



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x