Kompas TV nasional politik

Budiman Sudjatmiko: Pernyataan Prabowo Ada Partai Klaim Memiliki Soekarno Bukan Mendiskreditkan PDIP

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 19:48 WIB
budiman-sudjatmiko-pernyataan-prabowo-ada-partai-klaim-memiliki-soekarno-bukan-mendiskreditkan-pdip
Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Budiman Sudjatmiko di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko,  menyatakan bahwa  pernyataan Presiden Terpilih Prabowo Subianto soal Bung Karno bukan milik satu partai,  bukan untuk mendiskreditkan PDI-Perjuangan. 

Budiman yang sebelumnya politisi PDI-P itu menjelaskan pernyataan Prabowo tersebut sejatinya dalam konteks menghargai Presiden pertama Soekarno dan sebagai pengingat masyarakat bahwa pemikiran, ide dan gagasan dan ajaran Presiden pertama RI dapat dipelajari oleh siapapun. 

Prabowo menilai inspirasi dari Bung Karno melampaui sekat-sekat kepartaian. Dari sana juga Prabowo mendapat ilham dalam membangun bangsa perlu ada persatuan dan kerja sama. 

"Jadi, beliau (Prabowo) mau mengingatkan, jangan mengerdilkan Bung Karno hanya milik satu partai, bukan dalam rangka menghina PDI Perjuangan, tidak," ujar Budiman, Jumat (10/5/2024) dikutip dari Kompas.com.

Adapun pernyataan Prabowo itu disampaikan saat ia berpidato di forum Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam. 

Baca Juga: Usai Prabowo Sebut Ada yang Mengaku Bung Karno Milik 1 Partai, Politikus PDIP: Siapa yang Mengklaim?

Prabowo mengatakan selama ini ada pihak yang selalu mengklaim seolah-olah Presiden pertama RI Soekarno hanya miliknya. 

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

Budiman manambahkan pernyataan tersebut sebenarnya lebih mengarah untuk mengingatkan mengenai ajaran-ajaran Soekarno. 

Tujuannya, agar siapa pun tidak melupakan dan mau mempelajari lagi berbagai gagasan Presiden RI pertama itu.

Sebelumnya Budiman juga mempertegas Prabowo seorang pengagum Bung Karno. Hal itu terlihat dari yang kecil seperti cara berpakaian, sampai dengan visi misi beliau, yang juga berkomitmen mewujudkan cita-cita Bung Karno.

Baca Juga: Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Rakornas PAN: Tak Kerja Sama, Jangan Ganggu

"Itu sebenarnya Pak Prabowo dalam konteks mengapresiasi dan merasa mendapatkan inspirasi dari sejumlah presiden Indonesia. Jadi enggak (mendiskreditkan PDI-P). Pak Prabowo kan terus bicara persatuan dan kerja sama," ujar Budiman. 


 


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x