Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Siapkan 3 Kadernya untuk Pilkada Jakarta 2024, Sebut Anies Sudah Jadi Tokoh Nasional

Kompas.tv - 27 April 2024, 10:45 WIB
pks-siapkan-3-kadernya-untuk-pilkada-jakarta-2024-sebut-anies-sudah-jadi-tokoh-nasional
Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi. (Sumber: Chaerul Umam/Tribunnews)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyiapkan tiga kadernya untuk maju dan berkompetisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi di Kantor DPP PKS, Sabtu (27/4/2024).

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan ketiga kader PKS yang dipersiapkan untuk diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 tersebut adalah Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

"Nanti di Jakarta kita usahakan dari internal PKS, ada lah nanti. Bisa ada beberapa nama, ada Sohibul Iman, ada Pak Syaikhu, ada Pak Mardani bisa," kata Aboe di Kantor DPP PKS, Sabtu (27/4/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Begini Respons PDIP soal Jadi Koalisi atau Oposisi Pemerintahan Prabowo

Meski demikian, ia tidak memungkiri PKS masih membuka peluang mengusung calon presiden nomor urut 1 pada Pilpres 2024, Anies Baswedan, untuk kembali maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Namun, lanjut dia, PKS tetap memprioritaskan kader sendiri, karena Anies sudah dipandang sebagai tokoh tingkat nasional.

"Kami dari PKS mengatakan Pak Anies sudah 25 persen sebagai tokoh nasional, kasih kesempatan sekarang Anies mengantarkan orang PKS untuk menjadi (gubernur DKI)," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebut PKS siap membuka kerja sama politik dengan partai-partai lain guna mengusung kandidat di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Risma soal Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta: Suara Rakyat, Suara Tuhan

Sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta, Aboe menyebut PKS tidak akan berkoalisi dengan partai politik yang sudah punya calon sendiri.

"Misalkan Golkar sudah mencalonkan si A, PDI mencalonkan si B, ya paling tidak kita dengan koalisi Nasdem dan PKB sudah cukup, kita lihat saja nanti," katanya.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x