Kompas TV nasional aiman

Menteri Jadi Batu Loncatan sebagai Capres 2024? | Menjaring Menteri, Menuju Capres - AIMAN (1)

Kompas.tv - 11 Juli 2019, 12:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

Pasca ditetapkan sebagai Presiden terpilih periode 2019-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (30/6), Jokowi mulai melakukan sejumlah langkah politik. Ia bertemu para pemimpin partai politik koalisi, hingga membeberkan kriteria calon menteri. Sosok seperti apakah yang dicari Jokowi?

Menurut Jokowi, setiap periode waktu memiliki tantangan berbeda. Pada periode keduanya, Jokowi menginginkan menteri yang dapat mengeksekusi program dengan tepat dan cepat, juga pintar dalam bidang manajerial. Jokowi pun mengatakan kabinetnya akan diwarnai menteri berusia muda, bahkan dalam rentang 20 hingga 25 tahun. Siapakah mereka?

Sebagian nama sudah disebutkan di media massa. Namun, penjaringan pembantu presiden kali ini berbeda dari sebelumnya, karena siapapun yang menjabat akan berpotensi menjadi pemimpin tertinggi negeri dalam Pemilu 2024. Hal ini berdasarkan survei dan analisa yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) terhadap sosok calon presiden 2024. Menurut LSI, ada tiga golongan yang berpotensi menjadi calon presiden, yakni Kepala Daerah, Ketua Umum Parpol, serta Menteri dan Pejabat Pusat. Siapa punya peluang?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x