Kompas TV nasional politik

Muhaimin Sebut Timnas AMIN Dibubarkan Hari Ini, NasDem Bilang Sudah Selesai

Kompas.tv - 26 April 2024, 07:36 WIB
muhaimin-sebut-timnas-amin-dibubarkan-hari-ini-nasdem-bilang-sudah-selesai
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, dirinya bersama calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Sumber: Tribunnews.com/ Fersianus Waku)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional Pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 pada Pilpres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan dibubarkan pada hari ini, Jumat (26/4/2024).

Penjelasan tentang pembubaran Timnas AMIN tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Kamis (25/4) malam.

"(Nasib Timnas AMIN) Ya tentu sudah selesai, besok akan diadakan acara pembubaran timnas, besok pagi," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, menjawab pertanyaan wartawan.

Pembubaran Timnas AMIN akan digelar di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Gerindra Sebut Pertemuan Prabowo dengan Surya Paloh Tak Bahas Pembagian Jatah Menteri

Namun, ia belum mengetahui waktu acara pembubaran Timnas AMIN nanti.

"Halal bi halal di Rumah Pak Anies, Timnas, kita kan DPP bukan Timnas," ujarnya, dikutip Tribunnews.com.

Sementara itu, Wakil Ketua Partai NasDem Ahmad Ali menyebut Timnas AMIN sudah selesai, karena pembentukan tim itu untuk memenangkan Pilpres 2024.

Saat ini, kata dia, seluruh rangkaian pilpres sudah selesai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal gugatan Pilpres 2024 dan penetapan presiden dan wakil presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ya Timnas Amin kan dibentuk untuk pemilu presiden. Dengan selesainya semua tahapan-tahapan, ya selesailah kita,” ujar Ali Kamis (25/4), dikutip Kompas.com.

Menurutnya, secara resmi pembubaran tim itu memang belum dilakukan, tetapi secara fungsi sudah selesai.

 “Tapi kalau secara fungsi kami sudah (selesai) ya kan,” sebut dia.

Diketahui, saat ini PKB dan NasDem telah menyatakan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selanjutnya. 

Dari tiga partai politik anggota Koalisi Perubaha yang mengusung Anies-Muhaimin di Pilpres 2024, tinggal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang belum menentukan sikap.

Baca Juga: Potret Kebersamaan Surya Paloh dan Prabowo di Kertanegara

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsy menyatakan, partainya terbuka mengikuti jejak langkah Nasdem dan PKB. PKS pun akan mengundang Prabowo pada saat kegiatan halal bi halal yang akan diselenggarakan di kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4) besok.


 

Diketahui, KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024).



Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x