Kompas TV nasional politik

Kontestasi Pilpres 2024 Usai, PKB dan NasDem Sepakat Terus Jalin Kerja Sama

Kompas.tv - 23 April 2024, 21:42 WIB
kontestasi-pilpres-2024-usai-pkb-dan-nasdem-sepakat-terus-jalin-kerja-sama
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, dirinya bersama calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Sumber: Tribunnews.com/ Fersianus Waku)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk terus menjalin kerja sama meski kontestasi di Pilpres 2024 sudah usai.

Pada Selasa (23/4/2024) sore, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menerima kunjungan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, beserta pengurus DPP PKB di NasDem Tower. 

Paloh menyatakan pertemuan ini sebagai langkah kerjasama antara NasDem dan PKB setelah Pilpres 2024 berakhir.

Dia menegaskan, meskipun pemilu telah berakhir, proses pembangunan Indonesia masih membutuhkan perjalanan yang panjang.

"Semangat semuanya bisa terima realitas, mengusung Anies Baswedan. Kami sepakat, untuk tutup buku lama, buka buku baru," kata Paloh, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

"Bagaimana sinergitas dua parpol ini untuk perkuat seluruh aspek. Pemilu sudah selesai, tapi perjuangan bangun negeri ini belum selesai," imbuhnya.

Baca Juga: Pemerintahan Prabowo-Gibran Mendatang Bangun Kebersamaan, Nasdem dan PKB Ikut Bergabung?

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memastikan bahwa lembaran baru yang dimaksud adalah kerjasama antara PKB dan NasDem, salah satunya adalah kerjasama dalam pemilihan kepala daerah. 

Namun, Cak Imin (sapaan akrabnya) mengakui bahwa belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai daerah mana di mana NasDem dan PKB akan berkoalisi.

"PKB dan NasDem akan bekerjasama dalam semua aspek. Lembaran baru apapun masa depan bangsa, butuh kerjasama sungguh-sungguh dari parpol baik dari legislatif, lingkup masyarakat maupun nasional. Bisa saja pilkada, tapi belum kita bahas. Itu salah satu lembaran baru PKB-NasDem," tutur Muhaimin. 

"Apakah di eksekutif, kita belum bahas. Masing - masing punya kesempatan merenung. Sampai detik ini, saya enggak tahu bang Surya ini di dalam atau di luar. Nanti kita rasakan aja. Pilkada salah satu agenda kita, tapi enggak tahu di mana," jelasnya.

Sebelumnya, NasDem dan PKB memiliki nama-nama potensial yang akan maju dalam Pilkada 2024, seperti dalam Pilkada DKI Jakarta, NasDem memiliki sosok Ahmad Sahroni, sementara PKB menyantumkan nama Ida Fauziyah. 

Baca Juga: Begini Kata NasDem Soal Sinyal Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x