Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Sidang Putusan Sengketa Pilpres, Anies Imbau Massa Demo Damai dan Jaga Ketertiban

Kompas.tv - 21 April 2024, 04:50 WIB
jelang-sidang-putusan-sengketa-pilpres-anies-imbau-massa-demo-damai-dan-jaga-ketertiban
Capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan (tengah) dan  Muhaimin Iskandar (kanan), saat di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024). (Sumber: KOMPAS TV/IKSAN APRIANSYAH)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengimbau masyarakat yang akan melakukan aksi demonstrasi (demo) saat sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (22/4/2024), untuk tertib dan mengikuti aturan.

Anies juga meminta para demonstran untuk menghormati sesama saat aksi unjuk rasa dilakukan.

Imbauan tersebut disampaikan Anies usai menghadiri acara halalbihalal di rumah dinas cawapresnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024).

"Bagi siapa pun yang merasa ikut bertanggung jawab mau hadir maka hormati sesama, ikuti semua aturan, tertib, aman, damai," kata Anies.

Eks gubernur DKI Jakarta ini kembali mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi.

Sehingga, ia meminta massa aksi harus menghormati kebebasan berekspresi yang dijamin oleh negara.

"Ini adalah negara yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi. Karena itu, kebebasan berekspresi dihormati. Dan itu artinya menghormati sesama yang mau berekspresi," tegasnya.

Baca Juga: Kata Cak Imin Jelang Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK

Anies-Muhaimin Bakal Hadiri Sidang Putusan

Anies menyebut dirinya bersama Muhaimin berencana menghadiri sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di MK pada Senin depan.

"Kami rencana akan hadir," katanya.

Saat disinggung soal prediksinya terkait putusan MK, Anies mengaku tak ingin berspekulasi. Ia menekankan pihaknya akan menghormati putusan MK.

Ia pun mengibaratkan putusan MK tersebut layaknya pertandingan sepak bola, di mana terdapat dua kemungkinan yakni menang atau kalah.

"Ya seperti pertandingan sepak bola, kalau masuk pertandingan itu kan ada dua pilihan, kemungkinan pulang menang atau pulang tidak menang," jelasnya.

"Hasil MK ya kita tunggu, kita tunggu saja nanti."

Sebagai informasi, hakim MK dijadwalkan akan membacakan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 pada Senin (22/4).

Dikutip dari laman mkri.id, sidang pembacaan putusan dijadwalkan dihelat pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Anies: Kami Yakin MK Akan Ambil Keputusan yang Berani


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x