Kompas TV nasional peristiwa

Ada Unjuk Rasa di Monas, Polisi Tutup Jalan Menuju Medan Merdeka Barat dan Merdeka Selatan

Kompas.tv - 19 April 2024, 12:42 WIB
ada-unjuk-rasa-di-monas-polisi-tutup-jalan-menuju-medan-merdeka-barat-dan-merdeka-selatan
Monumen Nasional (Monas). (Sumber: SHUTTERSTOCK/GALINA SAVINA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi melakukan penutupan jalan dari Harmoni menuju ke Medan Merdeka Barat dan mengalihkan kendaraan ke jalan Kesehatan. Hal tersebut dilakukan terkait adanya aksi unjuk rasa di sekitar kawasan Monumen Nasional, Jumat (19/4/2024) siang ini.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (19/4/2024).

“Harmoni yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat ditutup, dialihkan ke Jalan Kesehatan,” kata Kombes Susatyo.

Baca Juga: PPATK Siap Tindaklanjuti Informasi Jokowi soal Indikasi Pencucian Uang dari Aset Kripto Rp139 T

Tidak hanya ruas jalan tersebut, Kombes Susatyo menuturkan polisi juga berencana menutup Jalan Perwira yang mengarah Jalan Medan Merdeka Utara dan mengalihkan kendaraan ke arah Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng.

Termasuk, menutup kawasan lampu lalu lintas (TL) Thamrin dan mengalihkan kendaraan ke Jalan Kebon Sirih yang mengarah ke Senen dan Jalan Abdul Muis.

“Untuk masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas agar mempertimbangkan untuk mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan dikarenakan akan ada masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di Patung Kuda,” ujar Kapolres.

Terkait unjuk rasa hari ini, pengelola TransJakarta juga mengalihkan beberapa rute antara lain rute 5C relasi Cililitan-Juanda. Untuk sementara, rute ini tidak melayani Halte Balai Kota dan Halte Monumen Nasional.

Baca Juga: Tim Hukum Anies-Muhaimin Bantah Mobilisasi Pengajuan Amicus Curiae ke MK

Lalu, koridor 3 relasi Kalideres-Monumen Nasional dialihkan menjadi Kalideres-Juanda, rure 2A relasi Pulo Gadung-Rawa Buaya sementara tidak melayani Halte Balai Kota.

Selain itu, rute 1P rute Blok M-Senen sementara tidak melayani Bus Stop Kementerian Pariwisata sampai dengan Monas 3, kemudian rute 1A relasi Balai Kota-Pantai Maju sementara untuk arah Pantai Maju tidak melayani Halte Monumen Nasional.

Adapun koridor 1 relasi Blok M-Kota mengalami pengalihan rute, yang sementara untuk arah Kota tidak melayani Halte Kebon Sirih dan Monumen Nasional.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x